MenkopUKM: Koperasi Diharapkan Mampu Jadi Offtaker Para Petani 

| Rabu, 25/08/2021 13:01 WIB
MenkopUKM: Koperasi Diharapkan Mampu Jadi Offtaker Para Petani  Kemenkop dan UKM Upayakan Bantuan Bagi Koperasi

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan bahwa pihaknya akan terus membangun dan memperkuat bisnis model di sektor pertanian (pangan) agar bisa masuk skala ekonomi.

"Para petani berlahan sempit harus bergabung atau mendirikan koperasi agar masuk skala ekonomi," kata Teten, dalam kunjungan kerja di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu 21 Agustus 2021. 

Menurut Teten, dengan berkoperasi, para petani tidak lagi memikirkan produknya mau dijual ke mana.

"Koperasi yang akan berhadapan dengan pasar agar ada kepastian harga dan pasar bagi produknya," imbuh MenkopUKM. 

Teten pun mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan Ketua Koperasi Petani Max Yasa Ngahadi dalam membangun bisnis model di sektor pertanian dengan menempatkan koperasi sebagai offtaker. 

"Untuk membangun bisnis model seperti itu, kita harus bekerja sama antara pemerintah pusat dengan para kepala daerah dan para local heroes seperti Mas Ngahadi ini," ujar MenkopUKM. 

Teten menekankan, pihaknya telah menugaskan LPDB-KUMKM untuk memperkuat kelembagaan dan permodalan koperasi di Indonesia.

"Kalau petani langsung jual ke supermarket atau pasar modern, pembayarannya mundur tiga bulan, petani yang susah. Dengan berkoperasi, maka koperasi yang akan membeli hasil petani. Permodalan koperasinya akan di-back-up LPDB-KUMKM," papar Teten. 

Bagi Teten, koperasi memang harus memiliki kemampuan finansial untuk membeli seluruh hasil pertanian dari petani.

"Kelembagaan koperasi harus terus diperkuat agar mampu menjadi offtaker bagi produk pertanian para petani," tegas Teten. 

Tags : Menkop UKM , Koperasi , Petani

Berita Terkait