Chengxin China Guyur USD350 Juta untuk Investasi Proyek Lithium

| Jum'at, 24/09/2021 13:01 WIB
Chengxin China Guyur USD350 Juta untuk Investasi Proyek Lithium Tambang Nikel di Indonesia (MTO)

RADARBANGSA.COM - Chengxin Lithium China menyatakan akan mengambil 65% saham dalam proyek lithium senilai USD350 juta di Indonesia, untuk membangun kapasitas produksinya di luar negeri.

Pabrik yang akan membuat bahan kimia lithium yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik (EV), akan berlokasi di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di pulau Sulawesi. IMIP sudah menjadi rumah bagi beberapa proyek investasi China, termasuk beberapa yang dirancang untuk memproduksi dua logam baterai lainnya, nikel dan kobalt.

Laman Indo Premier News, menyebutkan, dalam pengajuan ke Bursa Efek Shenzhen, Chengxin menyatakan akan bermitra dengan Stellar Investment Pte Singapura dalam proyek tersebut. Stelar akan memiliki 35% saham di PT. ChengTok Lithium Indonesia.

“Proyek tersebut akan menghasilkan 50.000 ton lithium hidroksida dan 10.000 ton lithium karbonat per tahun,” tulis Chengxin dalam dokumen pengajuan tersebut tanpa menyebutkan sumber bahan bakunya.

Indonesia adalah penambang nikel terbesar di dunia tetapi melarang ekspor bijih nikel sejak awal 2020. Indonesia berniat memproses lebih banyak sumber daya mineral, dan mendirikan rantai pasokan baterai EV yang lengkap di dalam negeri.

Pekan lalu, LG Energy Solution Korea Selatan dan Hyundai Motor Group memulai pembangunan pabrik senilai USD1,1 miliar untuk membuat baterai EV di provinsi Jawa Barat, Indonesia.

“Investasi ini akan sangat memperluas kapasitas produksi bisnis garam lithium perusahaan,” kata Chengxin yang berbasis di Shenzhen.

“Setelah proyek dioperasikan, itu akan secara signifikan meningkatkan pendapatan dan profitabilitas perusahaan,” tambahnya, tanpa memberikan perkiraan tanggal dimulainya proyek itu.

Dalam pengajuan terpisah pada Kamis kemarin, Chengxin juga mengatakan anak perusahaannya di Hong Kong telah setuju untuk membeli penambang Argentina Salta Exploraciones S.A. seharga USD37,7 juta.

Tags : Chengxin , lithium

Berita Terkait