Tahun Depan Pemerintah Siapkan KUR Rp350 Triliun untuk UMKM

| Kamis, 23/12/2021 11:50 WIB
Tahun Depan Pemerintah Siapkan KUR Rp350 Triliun untuk UMKM Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Tahun depan Pemerintah menyiapkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 350 triliun untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Tahun ini KUR yang disiapkan sebesar Rp285 triliun  tahun depan lebih banyak yakni sebesar Rp 350 triliun," kata Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki saat penutupan Surya Female Fair 2021 di Surabaya, Rabu 22 Desember 2021.

Disampaikan Teten Masduki, dana kredit perbankan akan terus ditingkatkan hingga 30% pada tahun 2024.

"Saat ini kredit perbankan masih kecil baru 19,8% itu akan terus ditingkatkan hingga 30% pada 2024 mendatang," tuturnya.

Banyak UKM yang secara teknis terkendala pembiayaan padahal secara bisnis sangat potensial untuk dikembangkan.

"UKM banyak terkendala biaya. Dari sisi bisnis itu feasible tapi tidak bank-able. ini yang harus dicari solusi,’’ katanya.

Di sisi lain, Teten Masduki menyesalkan masih banyak UKM yang belum bisa mengakses KUR disebabkan tidak memiliki agunan yang disyaratkan perbankan.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Teten Masduki berharap pemerintah daerah melakukan pendampingan terhadap UKM agar memperoleh KUR tanpa agunan.

“Harus didampingi dinas, didampingi bank,
UKM pinjam KUR enggak perlu pakai agunan. Mungkin bank takut ada NPL macet. Kalau dipastikan ada pendampingan literasi keuangan supaya pinjaman itu tidak untuk konsumsi tapi untuk usaha, atau butuh pendampingan,’’ kata Teten.

Tags : KUR UMKM , Koperasi

Berita Terkait