Pemerintah Dorong Kerja Sama Pengelola SRG dengan Pengusaha Ritel

| Kamis, 23/12/2021 20:19 WIB
Pemerintah Dorong Kerja Sama Pengelola SRG dengan Pengusaha Ritel Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG) secara nasional dalam sepuluh tahun terakhir.

Menurut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, sejumlah faktor yang mempengaruhi kesuksesan SRG yang berjalan di suatu daerah, antara lain dukungan pemerintah pusat dan daerah serta lembaga SRG yang terlibat.

"Mulai daripengelola gudang yang mandiri dan profesional, infrastruktur pendukung, jaringan pemasaran, dan kelembagaan petani/nelayan/peternak di lokasi gudang SRG," kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis 23 Desember 2021.

Dalam `Forum Bisnis Temu Pembeli-Penjual: Pengelola SRG dan Pengusaha Ritel` yang digelar Rabu 22 Desember 2021 kemarin, Jerry berharap para pengusaha mengelah lebih jauh yang dihasilkan oleh SRG.

"Dalam forum bisnis ini, diharapkan pelaku usaha dapat mengenal lebih dalam atas produk yang dihasilkan pengelola gudang SRG dan sekaligus memberikan pemahaman kepada pengelola gudang SRG mengenai mekanisme pemasaran melalui pasar ritel modern," harapnya.

Jerry menambahkan, upaya Kemendag untuk mendorong pelaksanaan SRG antara lain dengan membangun infrastruktur gudang, memberikan alat sarana dan prasarana penambahan nilai komoditas yang disimpan di gudang SRG dan lain-lain.

"Kemendag juga memberikan pembekalan keterampilan nonteknis (soft skill) guna meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pemangku kepentingan SRG, dan sampai dengan saat ini, menjembatani perluasan akses pasar produk yang dihasilkan dari gudang SRG," katanya.

Tags : Kemendag , SRG , Ritel

Berita Terkait