Pemerintah Bakal Hapus BBM Pertalite ?

| Jum'at, 24/12/2021 11:25 WIB
Pemerintah Bakal Hapus BBM Pertalite ? Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Beredar wacana jika Pemerintah Indonesia akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) pertalite. Wacana ini ternyata benar begitu adanya.

Diungkapkan oleh Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Soerjaningsih, bahwa pemerintah memang berencana mengganti Pertalite dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik. Langkah ini ditempuh lantaran Indonesia kini memasuki masa transisi energi.

Diapun juga mengatakan bahwa bahwa pihaknya sedang menyusun peta jalan menuju ppergantian ke bahan bakar minyak ramah lingkungan.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax," kata Soerjaningsih seperti dikutip Antara, Jumat 24 Desember 2021.

Pemerintah lanjutnya, juga berusaha meredam gejolak yang timbul di masyarakat terkait proses shifting pertalite ke pertamax.

Sebagai info, perubahan dari premium ke pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen. Adapun perubahan dari pertalite ke pertamax akan menurunkan kembali emisi karbon dioksida sebesar 27 persen.

 

 

Tags : Pertalite , Pertamax

Berita Terkait