Tahun Ini, Sektor Properti Diprediksi Bangkit

| Kamis, 06/01/2022 11:52 WIB
Tahun Ini, Sektor Properti Diprediksi Bangkit Salah satu sudut perumahan mewah yang dibangun di pulau reklamasi di pulau D (foto Twitter @cnbcindonesia)

RADARBANGSA.COM - Konsultan properti Colliers Indonesia memprediksi jika sektor properti akan kembalj bergairah di tahun 2022 ini.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan telah terdapat sejumlah pemicu yang membuat kinerja properti bangkit kembali. Pemicu ini seperti perpanjangan diskon PPN terkait properti hingga Juni 2022 dan wacananya yang akan berlaku ke hunian apartemen inden.

Hal tersebut, menurut dia, bisa menjadi kesempatan bagi pasar properti untuk melakukan pembelian yang tidak hanya ready stock (sudah selesai dibangun).

"Dampaknya bisa positif bagi sektor properti. Karena bila PPN kembali normal, kebijakannya juga dapat berubah kembali," katanya seperti dikutip, Kamis 6 Januari 2022.

Ferry menuturkan, untuk sektor perkantoran pada tahun 2022, diproyeksikan ada tujuh gedung perkantoran baru akan selesai di CBD (kawasan sentrabisnis) DKI Jakarta, serta diprediksi pula ada tujuh perkantoran baru di luar CBD.

Gedung tersebut adalah rata-rata gedung yang selesai dibangun pada 2022 adalah perkantoran yang sudah terlanjur untuk dibangun sejak sebelum pandemi.

“Ada secercah harapan dan indikasi-indikasi bahwa properti akan membaik pada 2022 meski tidak bisa berharap terlalu banyak karena tantangannya masih besar," pungkas Ferry.

 

Tags : Sektor properti , perumahan

Berita Terkait