Pemerintah Diminta Tak Melulu Bergantung Impor Sapi

| Minggu, 06/03/2022 14:01 WIB
Pemerintah Diminta Tak Melulu Bergantung Impor Sapi Kios Daging di Pasar Rakyat Surabaya (Doc: Kominfo Jatim)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan mendesak pemerintah untuk menghentikan ketergantungan impor dan melakukan pengembangan sapi lokal terutama di wilayah timur Indonesia.

Dia mengatakan usulan ini adalah langkah konkrit untuk mengatasi gejolak harga daging yang sering terjadi.

“Banyak daerah seperti di Sumbawa, Bima dan lain-lain yang sangat cocok untuk pengembangan sapi secara ekstensif karena tersedia lahan yang luas dan cocok untuk memelihara sapi” tegas Johan dalam keterangannya, Minggu 6 Maret 2022.

Johan lanjut menjelaskan, bahwa penyebab dari terus bergejolaknya harga daging setiap tahun karena rendahnya pertumbuhan sapi lokal dibandingkan dengan pertumbuhan konsumsi daging sapi secara nasional.

“Selain itu, meningkatnya harga daging disebabkan karena ketergantungan terhadap impor bakalan sebagai sumber utama pasokan daging segar," papar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

 Untuk itu, dia meminta pemerintah segera mengatasi masalah ini terutama untuk memenuhi permintaan pasar dengan harga yang stabil.

“Harus ada kebijakan penetapan hambatan perdagangan untuk mengurangi dampak negatif dari kebijakan impor daging yang malah terus meningkat,” usul Johan.

Dikatakannya, pemicu melonjaknya harga daging sapi adalah meningkatnya harga sapi bakalan  yang diimpor dari Australia

Oleh karenanya harus ada keberanian berupa kebijakan untuk menurunkan volume impor sapi bakalan dan daging sapi melalui peningkatan produksi daging sapi lokal tanpa menguras populasi sapi potong lokal yang dapat menganggu keberlanjutan usaha ternak sapi potong.

Johan juga mengusulkan agar pemerintah berani membuat terobosan untuk memajukan peternakan sapi di tanah air melalui peningkatan teknologi dalam negeri serta memberikan penurunan suku bunga kredit bagi semua peternak rakyat di bidang usaha peternakan.

“Dukungan kebijakan dari pemerintah sangat ditunggu oleh para peternak dan pelaku usaha peternakan untuk peningkatan daya saing peternakan nasional menuju kemandirian pangan nasional," tutup Johan.  

Tags : Daging Sapi , impor Australia ,

Berita Terkait