Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan, Wapres Maruf Amin Tinjau Gudang Bulog

| Jum'at, 11/03/2022 20:01 WIB
Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan, Wapres Maruf Amin Tinjau Gudang Bulog KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meninjau gudang beras Perum (Perusahaan Umum) Bulog di Kelapa Gading, Jakarta, Jumat, 11 Maret 2022. Kunjungan tersebut untuk memastikan stok beras aman jelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tanpa ada kenaikan harga.

"Saya berkunjung ke Bulog untuk mendapatkan informasi ketersediaan dan kecukupan beras. Kemarin saya ke Kementerian Pertanian kita mengharapkan adanya kepastian kecukupan pangan ini, baik beras dan non-beras, khususnya dalam menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri," kata Kiai Maruf dilansir dari antaranews.

Disampaikannya, stok beras cukup untuk kebutuhan ramadan dan idul fitri berdasarkan keterangan Direktur Utama Perum Bulog. Wapres juga melihat langsung proses pengemasan beras yang tujuannya untuk menghasilkan produk beras berkualitas.

Pada kesempatan itu, Kiai Maruf menegaskan agar ketersediaan pangan harus bisa memenuhi kebutuhan pangan nasional lebih dulu. Kalau sudah terpenuhi, lanjutnya, baru melakukan ekspor.

"Saya mengharapkan pada pengusaha juga supaya jangan melakukan ekspor sepanjang ada kebutuhan dalam negeri belum tercukupi. Supaya mementingkan kebutuhan dalam negeri," ujarnya.

Wapres juga mengingatkan agar setiap pemangku kepentingan yang menangani pangan nasional untuk memperhatikan distribusi pangan tersebut agar tidak terkendala dan menyebabkan kenaikan harga. Kiai Ma`ruf berharap agar stok pangan tersedia disertai dengan stabilisasi harga agar masyarakat dapat mengakses pangan.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Bulog , Beras , Ramadan , Pangan