Jaga Stabilitas Sistem Keuangan, Sri Mulyani Minta KSSK, BI Hingga LPS Perkuat Koordinasi

| Rabu, 13/04/2022 19:57 WIB
Jaga Stabilitas Sistem Keuangan, Sri Mulyani Minta KSSK, BI Hingga LPS Perkuat Koordinasi Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yaitu Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI) , Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk memperkuat koordinasi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

“KSSK akan terus memperkuat koordinasi dan pemantauan bersama termasuk di dalam merumuskan respon kebijakan yang terkoordinasi dan bersinergi di dalam menjaga pemulihan ekonomi nasional di dalam menghadapi gejolak dan dinamika kondisi global yang sangat tinggi,” ungkap Menkeu Sri Mulyani dalam rilisnya, Rabu 13 April 2022.

Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, membaiknya realisasi belanja negara didukung belanja operasional maupun belanja program Kementerian/Lembaga serta belanja bantuan sosial.

“Dalam mengantisipasi dan menghadapi gejolak dan tekanan global yang masih berlangsung, APBN akan terus melakukan respon secara aktif dan memposisikan menjadi shock absorber,” tandasnya.

Menurut Sri Mulyani, penyaluran bantuan sosial mengalami kenaikan dengan pelaksanaan bantuan program Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan tahap pertama, dan pencairan bantuan kartu sembako.

Lebih lanjut, kata Sri Mulyani, dari sisi fiskal, APBN terus melanjutkan kinerja positif baik dari sisi pendapatan negara dan belanja negara untuk menopang kebutuhan masyarakat dan mendukung investasi.

“Realisasi pendapatan negara hingga akhir Februari 2022 tumbuh 37,73% year on year atau mencapai Rp302,42 Triliun. Perbaikan pendapatan negara terutama akibat pemulihan kinerja dunia usaha dan kenaikan harga komoditas serta kenaikan ekspor maupun impor,” tukasnya.

 

 

 

 

 

 

Tags : Sistem Keuangan , BI , KSSK , LPS

Berita Terkait