Negara-negara G20 Siap Kerja Sama Hadapi Tantangan Global

| Jum'at, 22/04/2022 09:01 WIB
Negara-negara G20 Siap Kerja Sama Hadapi Tantangan Global Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia menerima dukungan penuh dari anggota G20 untuk bekerja sama mengatasi tantangan global.

“Menanggapi kondisi ekonomi global terkini, anggota G20 menyampaikan kekhawatiran tentang tekanan inflasi yang lebih luas dan persisten,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam rilisnya, Kamis 21 April 2022.

Menurut Sri Mulyani, kondisi tersebut akan menyebabkan beberapa bank sentral menaikkan kebijakan suku bunga mereka yang pada gilirannya akan mengakibatkan pengetatan likuiditas global yang lebih cepat dari perkiraan.

“Negara G20 menyatakan pentingnya memenuhi komitmen pada bulan Februari mengenai strategi keluar yang terkalibrasi, terencana, dan dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung pemulihan dan mengurangi potensi limpahan atau spillover,” imbuhnya.

Sementara itu,  Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menuturkan, peran G20 semakin penting dengan membawa kebijakan ke dalam ranah dunia. Setiap negara tidak lagi hanya berfokus pada dampak kebijakan secara domestik di negaranya, namun lebih luas terhadap proses pemulihan di negara lainnya.

“Dengan demikian, proses normalisasi kebijakan yang dilakukan secara well calibrated, well planned, dan well communicated oleh bank sentral menjadi semakin terfasilitasi terutama di kondisi saat ini," katanya.

Tags : Presidensi G20