Tembus Rekor, Airnav Catat 1000 Penerbangan Saat Mudik

| Senin, 09/05/2022 08:04 WIB
Tembus Rekor, Airnav Catat 1000 Penerbangan Saat Mudik Potret Pesawat Sriwijaya Air (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Untuk pertama kalinya sejak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) melanda Indonesia pada Maret 2019 lalu, total pergerakan lalu lintas penerbangan harian di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta menembus angka 1000. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti.

Polana menyampaikan bahwa capaian tersebut tercatat selama 3 (tiga) hari berturut-turut pada tanggal 27 dan 28 April 2022.

“Sebagai bandara dengan pergerakan harian terpadat di Indonesia, penerbangan dari dan ke Bandara Soetta merupakan barometer pertumbuhan penerbangan Nasional. Tanggal 27 lalu, total pesawat yang take-off/ landing di Bandara Soetta mencapai 1005 pergerakan. Tanggal 28 meningkat menjadi 1054 pergerakan, dan terakhir, tanggal 29 kemarin tercatat sebanyak 1066 pergerakan,” kata Polana dalam keterangannya, Senin 9 Mei 2022.

“Ini merupakan rangkaian jumlah tertinggi yang kami layani selama kita dilanda pandemi,” sambung dia.

Periode angkutan udara Lebaran tahun 2022 ini juga merupakan periode dengan jumlah penerbangan terpadat selama 3 (tiga) tahun terakhir, karena untuk pertama kalinya dalam kondisi pandemi, Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan tradisi mudik Lebaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, AirNav memprediksi peningkatan jumlah pergerakan lalu lintas penerbangan sebanyak 239% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Trend penerbangan ini telah terlihat meningkat seiring dengan mulai dilonggarkannya protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan dalam negeri.

“Sejauh ini, pergerakan lalu lintas penerbangan domestik masih didominasi di 8 (lokasi) di Indonesia, antara lain Jakarta Soekarno Hatta, Jakarta Halim, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Medan, Jayapura, dan Makassar,” imbuhnya.

Tags : Penerbangan , Pesawat

Berita Terkait