Pemerintah Tawari Qualcomm Investasi di Industri Chip

| Selasa, 24/05/2022 14:41 WIB
Pemerintah Tawari Qualcomm Investasi di Industri Chip Chip Perangkat

RADARBANGSA.COM – Pemerintah tetap gencar menarik investor untuk industri chip. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan telah bertemu Raksasa teknologi Qualcomm, untuk mendukung masuknya investasi ke Indonesia.

“Kami mengajak Qualcomm agar turut serta berperan aktif dalam proses ini,” kata Menperin dalam keterangan resminya, Mei 24 Mei 2022.

Dia mengatakan investasi ini untuk mendukung akselerasi digitalisasi di industri otomotif, yang memungkinkan keterlibatan industri kecil dalam rantai industri tersebut.

Di satu sisi, saat ini Kemenperin sedang membangun ekosistem atau produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti laptop dan tablet. Dalam upaya tersebut, dibutuhkan perusahaan yang mampu memasok chip yang merupakan salah satu komponen dalam produk.

Oleh sebab itu, Menperin mengajak agar Qualcomm sebagai salah satu leader dalam produksi chip untuk mengambil bagian dalam upaya ini.   

“Kelangkaan chip belakangan ini menunjukkan bahwa dunia semakin mengalami percepatan menjadi semakin terdigitalisasi. Karena itu, dalam membangun dunia digital yang lebih maju, diperlukan dukungan investasi,” papar Agus.

Agus menambahkan, selain itu Kemenperin juga sedang membangun Indonesia Manufacturing Center yang akan menjadi pusat pengembangan teknologi manufaktur terbaru untuk Indonesia.

“Lewat pertemuan tersebut, kami mengharapkan Qualcomm dapat memberikan asistensi dalam pengembangan Indonesia Manufacturing Center,” pungkasnya.

 

Tags : investasi , qualcomm , chip komputer