Komisi V DPR RI Dorong Pertumbuhan Infrastruktur Tol Sumatera

| Jum'at, 24/06/2022 21:55 WIB
Komisi V DPR RI Dorong Pertumbuhan Infrastruktur Tol Sumatera Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae menyampaikan, niat baik pemerintah dalam menindaklanjuti infrastruktur jalan tol di Pulau Sumatera harus didukung oleh mutu yang baik. Karena itu, Komisi V DPR RI mendorong pertumbuhan infrastruktur agar ekonomi masyarakat Indonesia tumbuh dengan baik mulai dari pelaku ekonomi kecil hingga pelaku ekonomi besar.

"Yang menjadi perhatian, tolnya jangan asal jadi. Sebab kadang kala kalau asal jadi umurnya akan pendek, akan cepat rusak dan memakan biaya tinggi. Oleh karena itu kita lebih konsentrasi kepada mutu dan waktu pelaksanaan, serta tidak membebani rakyat terlalu banyak," kata Ridwan dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 24 Juni 2022.

Terkait pembebasan lahan untuk jalan tol, terangnya, memang ada ganti rugi dan ada beberapa yang belum selesai. Untuk itu, pihaknya berharap ganti rugi tetap berjalan dan tidak membebani rakyat. "Tujuan mulia pemerintah sekarang yaitu menghubungkan provinsi lainnya yang ada di Sumatera. Kita harapkan mudah-mudahan bisa selesai sebelum tahun 2024, hal-hal yang mengenai prinsip yang harus terselesaikan jangan menjadi kesan yang tidak terselesaikan, itu harus diselesaikan sampai tahun 2024 dan saya percaya menteri PUPR telah memikirkan hal itu," tukasnya.

Ditegaskannya, membangun jalan besar butuh biaya begitu banyak. Infrastruktur jalan tol di Indonesia juga dapat dirasakan manfaatnya salah satunya mengatasi masalah mudik meskipun masih ada kelemahannya.

"Setiap pembangunan pasti berdampak, saya yakin lahirnya jalan tol ataupun jalan nasional lainnya mungkin ada efek negatifnya tetapi jauh lebih besar manfaatnya dibandingkan negatifnya," tandasnya.

Tags : DPR RI , Infrastruktur , Jalan Tol , Sumatera