Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di Outlook Stabil

| Rabu, 29/06/2022 07:55 WIB
Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di Outlook Stabil Ilustrasi. (Doc: EWN)

RADARBANGSA.COM - Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil.

Pada laporan yang dirilis Selasa 28 Juni 2022, Fitch menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah masih baik serta rasio utang Pemerintah terhadap PDB terbilang rendah.

Menanggapi keputusan Fitch tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan afirmasi rating Indonesia pada peringkat BBB dengan outlook stabil menunjukkan bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih tinggi kondisi makroekonomi dan prospek ekonomi Indonesia terbilang cukup stabil.

“Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan Pemerintah,” kata Perry dalam keterangannya, Selasa 28 Juni 2022.

Kendati demikian, Fitch melihat ada beberapa tantangan yang perlu direspons, yaitu rasio pembiayaan eksternal yang meningkat, penerimaan Pemerintah yang masih rendah, serta beberapa indikator struktural seperti PDB-per-kapita dan tata kelola, yang relatif lebih rendah dibandingkan negara-negara lain pada peringkat yang sama.

Terkait perkembangan harga, Fitch melihat adanya risiko kenaikan tekanan, meski meyakini bahwa inflasi masih akan tetap terjaga dalam kisaran sasaran 3%+1%.

Dari resiko yang dipaparkan, Perry mengatakan jika BI akan tetap mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik.

“Kami juga akan merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan stabilitas keuangan, termasuk penyesuaian lebih lanjut stance kebijakan, serta terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional,” tandas dia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Peringkat Utang , Fitch

Berita Terkait