Inflasi Juni Tertinggi Dalam 5 Tahun Terakhir

| Jum'at, 01/07/2022 10:54 WIB
Inflasi Juni Tertinggi Dalam 5 Tahun Terakhir Sayuran dan Buah - Buahan. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Inflasi Juni 2022 menjadi yang tertinggi sepanjang 5 tahun ke belakang.

Tercatat inflasi Juni sebesar 4,35% secara tahunan. Sementara secara bulanan inflasi Juni sebesar 0,61%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono mengatakan tingginya inflasi disebabkan meningkatnya harga kebutuhan pangan di berbagai wilayah di Indonesia.

Lebih rinci, penyumbang inflasi terbesar adalah cabe merah sebesar 0,24 persen, cabe rawit sebesar 0,10 persen dan bawang merah sebesar 0,08 persen.

"Kenaikan inflasi pada kelompok bahan makanan karena adanya cuaca yang anomali di bulan Juni. Ini (inflasi Juni 2022 secara tahun kalender) merupakan inflasi tertinggi sejak Juni 2017 dimana saat itu inflasinya sebesar 4,37 persen," ungkap Margo dalam konferensi pers virtual, Jumat 1 Juli 2022.

Selain makanan, terdapat kelompok minuman dan juga kelompok tembakau yang menyumbang   Inflasi bulanan. Selain itu juga terdapat andil kelompok transportasi di kenaikan tarif pesawat.

"Komoditas dominan yang menyebabkan kelompok transportasi cukup besar andil inflasi karena adanya kenaikan tarif angkutan udara dengan andil 0,03 persen. Kenaikan ini dipicu oleh kenaikan harga avtur dan adanya izin dari pemerintah untuk melakukan penyesuaian biaya serta ada kenaikan permintaan akibat ada kelonggaran perjalanan," tandas Margo.

Tags : Inflasi Juni , BPS

Berita Terkait