Harga Cabai dan Bawang Merah Normal di Pasar Rakyat

| Rabu, 13/07/2022 11:41 WIB
Harga Cabai dan Bawang Merah Normal di Pasar Rakyat Komoditas Bawang Merah. (Foto: beritasatucom)

RADARBANGSA.COM - Harga aneka jenis cabai dan bawang merah di pasar rakyat dilaporkan kembali normal.

Mengutip laporan Kementerian Pertanian, Rabu 13 Juli 2022, untuk cabai rawit merah dan cabai merah keriting dijual dengan harga sama dengan harga di tingkat petani, yakni Rp 69.000/kg. Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan tim lapangan, harga bawang merah juga mulai berangsur turun, yakni Rp 55.000/kg.

“Secara umum, harga bawang merah sudah turun. Untuk cabai, di beberapa tempat mengalami sedikit kenaikan karena adanya libur petik Idul Adha. Namun, masih terbilang stabil. Lewat GPM ini kita juga berupaya menambah pasokan sehingga mampu menekan harga di pasaran,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari selaku Plh. Direktur Jenderal Hortikultura dalam keterangannya, Rabu 13 Juli 2022.

Penurunan harga bawang merah sendiri juga terlihat di Pasar Induk Kramat Jati (PIKJ). Harga bawang merah di PIKJ per 12 Juli 2022 berada di angka Rp 47.000/kg.

“Menurut pemantauan, harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati sekitar Rp 47.000 per kilogram. Jadi, sudah mulai turun,” ujar Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Tommy Nugraha.

Kementan telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketersediaan bawang merah dan aneka cabai di pasaran, di antaranya bekerja sama dengan Pemda dan jaringan TTIC untuk distribusi dan pemasarannya.

Selain itu, juga lakukan koordinasi intensif dengan champion, asosiasi dan offtaker untuk mengambil produk langsung dari sentra produksi untuk memotong rantai pasokan; dan melakukan gerakan pengendalian OPT.

Tags : Cabai , Pasar Rakyat

Berita Terkait