Indonesia - India Mantapkan Kerjasama di Lintas Sektor

| Selasa, 13/09/2022 11:01 WIB
Indonesia - India Mantapkan Kerjasama di Lintas Sektor Garam Impor. (Foto: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah India dan Indonesia secara domestik sedang mengkaji berbagai manfaat kerjasama regional kedua negara.

Keduanya juga bersepakat untuk saling mendukung keterlibatan kedua negara dalam kerjasama regional tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan target hubungan kerjasama Indonesia dengan India volumenya dapat mencapai USD 50 Miliar, dimana saat ini volume perdagangan berkisar USD 17 Miliar.

Salah satu dukungan yang diharapkan India adalah peningkatan kerjasama ekonomi melalui ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA).

“Kami mengharapkan dukungan Pemerintah Indonesia agar dapat memberikan kebijakan dan insentif yang sesuai untuk mendukung perdagangan produk-produk kedua negara,” ujar Menteri Perdagangan dan Industri Republik India Piyush Goyal.

Sebelumnya pada 2018, perusahaan India telah menjalin kerjasama dengan Kalbe Farma.

Terkait kerjasama Andaman and Nicobar, Menko Airlangga juga mendorong realisasi kerjasama joint task force dengan Pemerintah Provinsi Aceh.

“Kami mengharapkan realisasi dari kerjasama ini gugus tugas gabungan Pemerintah India dan Pemerintah Provinsi Aceh dapat segera menghasilkan berbagai low hanging fruits,” ujar Menko Airlangga.

Sebagai info, nilai total perdagangan Indonesia dengan India sekitar USD 21,01 Miliar di 2021 dan tercatat meningkat 48,48% dari 2020 yang sebesar USD14,15 Miliar.

Volume perdagangan pada periode Januari hingga Juni 2022 yakni sekitar USD 16,6 Miliar atau naik 81% dari periode sama tahun lalu.

 

Tags : Indonesia , India