Indonesia - Afrika Jajaki Kerjasama Energi Hingga Militer

| Kamis, 29/09/2022 11:02 WIB
Indonesia - Afrika Jajaki Kerjasama Energi Hingga Militer Tambang Nikel di Indonesia (MTO)

RADARBANGSA.COM - Indonesia-Afrika meningkatkan kerja sama di bidang energi, otomotif dan militer.

Kerjasama ekonomi ini dituangkan dalam Preferential Trade Agreements (PTA).

“PTA merupakan upaya penguatan industri manufaktur kedua negara, khususnya di sektor peralatan militer, produk makanan olahan, dan pertanian,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, belum lama ini.

Afrika Selatan sendiri memiliki kerja sama Just Energy Transition Partnership dengan Prancis, Jerman, Inggris dan Amerika Serikat. Pengalaman tersebut dapat dipelajari dan best practice bagi Indonesia dalam menemukan model yang sesuai untuk menangani isu perubahan iklim di Indonesia.

“Pertemuan ini dalam rangka menjajaki peluang yang dapat dikerjasamakan secara konkret antara kedua negara, khususnya di bidang-bidang yang menjadi perhatian dan potensi bersama,” ujar Minister of Trade, Industry and Competition Afrika Selatan Ebrahim Patel

Menurut dia Indonesia dan Afrika Selatan sama-sama kaya akan produk mineral dan logam mulia.

“Kami mencoba untuk secara moderat menerapkan kontrol terhadap ekspor, terutama ekspor bahan baku, dengan harapan dapat mendorong hilirisasi produk mineral tersebut menjadi produk dengan nilai tambah yang lebih tinggi,” paparnya.

Selain kerja sama energi dan pertambangan, juga disinggung potensi kerja sama halal dan industri otomotif beserta komponennya.

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat untuk berbagi pengalaman dan menciptakan peluang kerja sama serta melanjutkan komunikasi secara reguler.

Dilakukan juga work with local industry agar tercipta nilai investasi yang seimbang.

Tags : Energi , Militer , PTA

Berita Terkait