Wapres Maruf Amin Minta Produksi Beras Terus Meningkat Meskipun Surplus

| Rabu, 25/01/2023 16:35 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Produksi Beras Terus Meningkat Meskipun Surplus KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin meminta agar surplus beras di Indonesia tidak hanya soal angka saja, namun produksinya juga terus meningkat. Meskipun, kata Kiai Maruf, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi beras surplus setiap tahun.

"Produksi beras misalnya, berdasarkan data BPS memang selalu surplus setiap tahun," kata Wapres dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Akan tetapi, terang Kiai Maruf, perlu menjadi perhatian bahwa jumlah surplus beras cenderung menurun dari tahun ke tahun, dari 4,37 juta ton pada 2018 menjadi 1,74 juta ton pada 2022.

"Saya minta fokus kita agar jangan hanya pada surplus-nya saja, tetapi juga pada besaran angkanya. Harapannya jumlah surplus terus meningkat dari tahun ke tahun. Artinya produksi beras juga meningkat dari tahun ke tahun," tegas Wapres.

Oleh karena itu, Kiai Maruf meminta agar sektor pertanian semakin kuat dan mampu menjadi pengendali inflasi untuk hadapi krisis pangan dunia. "Saya ingin sampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian kita bersama. Utamanya agar sektor pertanian semakin kuat serta mampu menjadi pengendali inflasi guna menghadapi krisis pangan dunia," tuturnya seperti dikutip dari okezone.com.

Pada kesempatan itu, Wapres pun mengingatkan Kementerian Pertanian (Kementan) agar mengidentifikasi komoditas pangan yang tepat dalam menghadapi krisis pangan dunia. "Serta fokus mendorong pengembanganya, termasuk penetapan target produksi dan lokasinya," ucap Wapres.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Beras , Pangan , BPS , Kementan