Pemerintah Amankan Stok Bawang Merah Jelang Ramadhan

| Senin, 06/03/2023 14:41 WIB
Pemerintah Amankan Stok Bawang Merah Jelang Ramadhan Sektor Perkebunan Bawang Merah (Doc: Harian Jogja)

RADARBANGSA.COM - Menyambut Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi amankan stok dan harga bawang merah. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan produktivitas bawang merah tahun ini cukup baik. Salah satu strategi Kementan dalam menjamin ketersediaan bawang merah di pasar yakni menentukan daerah sentra produksi yang surplus bawang merah dan mana daerah sorted yang defisit bawang merah dan dipetakan dengan baik. 

"Langkah kedua, mendekatkan produksi kita kepasar. Jadi produksi Brebes harus masuk ke Jakarta, harus masuk ke Kalimantan, harus masuk ke Sumatera ke daerah merah yang defisit bawang merah," tambah Syahrul.

Selain itu, Mentan Syahrul juga mendorong pengembangan bawang merah dilakukan dari hulu hingga hilir sehingga menciptakan produk turunan yang bervariasi. Bawang merah yang diolah juga memberi nilai tambah bagi petani terlebih saat panen raya yang hampir selalu diikuti jatuhnya harga. Pengembangan hilirisasi bawang merah mampu menekan fluktuasi harga dan mampu menyerap lapangan pekerjaan yang lebih banyak. 

"Hari ini kita akan bersama - sama mengirim ke DKI Jakarta kurang lebih 25 truk. Hari ini saya panen bersama Wamendag, besok, InsyahAllah bawang ini akan diterima oleh Gubernur DKI," kata Syahrul.

Tags : Bawang Merah , Pangan

Berita Terkait