Pemerintah Pastikan Stok dan Harga Beras Aman Jelang Ramadhan

| Senin, 20/03/2023 15:16 WIB
Pemerintah Pastikan Stok dan Harga Beras Aman Jelang Ramadhan Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian memastikan mengimbau agar masyarakat tak khawatir dengan persediaan beras menjelang puasa dan lebaran 2023.

“Ini tentunya kabar baik, jadi masyarakat tidak perlu khawatir beras menjelang puasa dan lebaran ini tersedia dan cukup, apalagi pada Maret sampai Mei ini kita memasuki panen raya sehingga stok beras baru akan segera masuk mengisi PIBC. Hal ini penting mengingat PIBC merupakan indikator dari stok dan harga beras nasional,” jelasnya

ini tersedia dan cukup, apalagi pada Maret sampai Mei ini kita memasuki panen raya sehingga stok beras baru akan segera masuk mengisi PIBC. Hal ini penting mengingat PIBC merupakan indikator dari stok dan harga beras nasional,” jelasnya.

Arief menambahkan, berdasarkan pantauan di lapangan stok beras di PIBC tersedia dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Adapun stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Perum Bulog saat ini sekitar 282 ribu ton. Sampai dengan pertengahan Maret 2023 ini Bulog sudah menyalurkan 481 ribu ton beras untuk kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), di mana sebanyak 22 persen atau 109 ribu ton disalurkan di wilayah DKI Jakarta dan Banten, termasuk diantaranya melalui PIBC.

Sementara itu, PJ. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Pemprov DKI Jakarta siap berkolaborasi dalam pengendalian inflasi serta persiapan menghadapi HBKN Ramadan.

“Semuanya sama-sama untuk bisa mengendalikan inflasi dan memberikan sembako kepada masyarakat dan memastikan semua di lapangan ada menjelang memasuki Ramadan,” ujarnya.

Ia menambahkan, telah mengecek ketersediaan sembako salah satunya beras. Selain itu juga mendorong peningkatan pelaksanaan pasar murah dan memastikan pencairan KJP untuk memastikan masyarakat sudah mendapatkan haknya berupa komoditas pangan seperti ayam, daging, telur, ikan, beras, dan susu.

“Kita mengecek kepastian sembako salah satunya beras, dan pagi ini kita juga melepas beberapa kendaraan untuk menuju ke sejumlah lokasi, mengangkut bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Isinya adalah beras premium, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, dan telur ayam,” paparnya

Tags : beras , pangan ,