Harga Internasional Tinggi, Bawang Putih Lokal Sentuh Rp 36 Ribu per Kg

| Selasa, 30/05/2023 15:53 WIB
Harga Internasional Tinggi, Bawang Putih Lokal Sentuh Rp 36 Ribu per Kg Komoditas Bawang Putih (Foto: Inews)

RADARBANGSA.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan mahalnya harga bawang putih saat ini karena harga bawang putih di pasar global juga sedang mahal. Adapun harga bawang putih di China saat ini menyentuh 1.300 dolar AS per ton.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menjelaskan bawang putih merupakan salah satu komoditas pangan yang masih memerlukan tambahan pasokan dari luar negeri untuk memenuhi konsumsi domestik. Untuk itu, kondisi harga komoditas tersebut di dalam negeri tidak terlepas dari pengaruh harga internasional atau di negara asal.

"Hal inilah yang turut menyebabkan harga di dalam negeri terkerek naik," ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Selasa 30 Mei 2023.

Arief menjelaskan, perihal stok, Arief meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, dengan perencanaan yang telah dilakukan, pemerintah melalui NFA dan Kementerian/Lembaga terkait memastikan ketersediaan bawang putih terjaga sepanjang tahun.

“Kita juga terus lakukan pemantauan dan penghitungan melalui Neraca Pangan Nasional. Ini sesuai arahan Bapak Presiden agar pasokan dan keseimbangan harga pangan dijaga sepanjang tahun,” ujarnya.

Berdasarkan Prognosa Neraca Pangan Nasional Januari-Desember 2023, kebutuhan bawang putih nasional dalam setahun sekitar 652 ribu ton, sedangkan produksi dalam negeri sekitar 18 ribu ton dan stok awal atau carry over dari tahun 2022 adalah 143 ribu ton.

“Untuk menutupi kekurangannya, telah dilakukan perencanaan pengadaan luar negeri sehingga diperkirakan stok bawang putih nasional pada akhir 2023 tersedia 99 ribu ton,” katanya.

Tags : bawang putih , bawang merah

Berita Terkait