Pertumbuhan Kredit Perbankan Meningkat Dibandingkan Juni

| Selasa, 12/09/2023 14:09 WIB
Pertumbuhan Kredit Perbankan Meningkat Dibandingkan Juni Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Laporan bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan pertumbuhan kredit meningkat menjadi 8,5% YoY di bulan Juli atau mencapai Rp6.686 triliun. 

Realisasi pertumbuhan kredit industri perbankan Indonesia periode Juli lebih tinggi dibandingkan bulan Juni yang hanya tumbuh 7,8% YoY. 

"Jangan terlalu bersemangat dulu, karena rebound sebagian besar didorong oleh normalisasi basis pada bulan Juli 2022," kata Analis PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Handiman Soetoyo dalam keterangan tertulis, Selasa 12 September 2023.

Handiman menjelaskan melambatnya pertumbuhan kredit perbankan periode Juni terjadi setelah basis yang tinggi pada bulan Juni 2022. "Kondisi ini yang mengakibatkan tertekannya pertumbuhan YoY pada bulan Juni," ujar Handiman. 

NPL bruto kembali naik ke 2,51% di bulan Juli. Data ini lebih tinggi dari bulan Juni yang sebesar 2,44% dan bulan Mei yang mencapai 2,52%.

"Data ini menandakan masih lemahnya kesehatan keuangan debitur," tambah Handiman.

Laporan bulanan OJK juga menunjukkan bahwa pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) atau simpanan perbankan akhirnya pulih setelah empat bulan berturut-turut mengalami penurunan menjadi 7,2% YoY di bulan Juli. Capaian ini lebih tinggi dari bulan Juni yang sebesar 6,4% YoY. 

"Jumlah simpanan perbankan periode Juli mencapai Rp8.064 triliun," tutup Handiman.

Tags : Kredit , Perbankan ,