Pemerintah Resmi Luncurkan Bursa CPO

| Jum'at, 13/10/2023 18:20 WIB
Pemerintah Resmi Luncurkan Bursa CPO Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Didid Noordiatmoko meluncurkan Bursa Crude Palm Oil (CPO) Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Jumat (13 Okt) (Doc: Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Indonesia meluncurkan bursa CPO pada hari ini, Jumat 13 Oktober 2023 dan ditargetkan beroperasi sepenuhnya pada 23 Oktober mendatang.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya terus berkomitmen mendorong pembentukan harga acuan CPO yang transparan, akuntabel, dan tepat waktu, baik untuk perusahaan besar, menengah maupun petani kelapa sawit.

“Kita berharap dengan adanya bursa ini nanti, maka barometer harga CPO dunia ada di kita, wong (orang) kita nomor satu (ekspor CPO)," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dalam acara peluncuran bursa CPO di Jakarta, Jumat 13 Oktober 2023.

Mendag memaparkan produksi CPO Indonesia pada 2022 sebesar 46,73 juta ton dengan nilai ekspor mencapai USD 29,62 miliar. Pada Mei 2023, produksi CPO Indonesia tercatat 20,86 juta ton atau lebih tinggi 15,74 juta ton dibanding Malaysia.

Lebih lanjut Mendag menjelaskan, komitmen pemerintah dalam memperbaiki tata kelola perdagangan CPO Indonesia melalui diterbitkannya Peraturan Bappebti No. 7 Tahun 2023 tentang Tata Cara Perdagangan CPO di Bursa Berjangka.

Mendag berharap bursa CPO Indonesia dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk melakukan literasi kepada masyarakat dalam mendongkrak transaksi CPO melalui bursa berjangka Indonesia.

Tags : Bursa CPO , Sawit

Berita Terkait