Kafein Bisa Tingkatkan Ketajaman Fokus dan Semangat Kerja

| Selasa, 17/07/2018 21:45 WIB
Kafein Bisa Tingkatkan Ketajaman Fokus dan Semangat Kerja Minuman Kopi yang mengandung kafein mampu meningkatkan fokus dan semangat kerja.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tak hanya sekedar menjadi teman di pagi hari saat akan memulai aktivitas. Minum kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya kaum milenial.

Disela-sela bekerja, tak jarang kaum urban meminum kopi hanya untuk menjaga fokus pada pekerjaan. Kopi memang dapat mencegah rasa ngantuk terlebih di tengah padatnya aktivitas.

Selain itu, kopi juga dianggap sebagai mood booster yang manjur untuk bisa memberikan rasa tenang pada badan serta mengurangi stres.

Dilansir dari Hello Magazine, kopi saat ini telah memiliki aneka campuran rasa yang menyegarkan, seperti cappucino, moccacino hingga kopi susu.

Selain rasanya enak, kandungan kafein pada kopi ternyata dipercaya dapat meningkatkan kualitas kerja tim. Tak hanya itu, kandungan kafeinnya dianggap ampuh untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam pekerjaan.

Baru-baru ini, sebagaimana dilansir dari jpnn.com, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Psychopharmacology mengatakan bahwa minum satu cangkir kopi setiap pagi terbukti dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam sebuah tim. Sebab, faktanya kafein merupakan zat yang membantu tetap fokus.

Para peneliti di Ohio State University melakukan dua percobaan dengan melibatkan mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok besar.

Kelompok pertama diberikan satu gelas kopi untuk diminum sebelum melakukan tugas, sedangkan kelompok lain diminta meminumnya setelah melakukan tugas-tugasnya. Kemudian mereka diperintahkan untuk membahas isu-isu sosial dan ekonomi yang kontroversial.

Setelah selesai, kedua kelompok diberitahu untuk mengevaluasi tugasnya masing-masing. Dan hasilnya mereka yang telah meminum kopi sebelum melakukan diskusi jauh memiliki ide-ide yang cemerlang.

Penelitian berlanjut ke sesi kedua. Masih sama, dibagi menjadi dua kelompok dan keduanya diberi kopi. Namun, kali ini separuhnya benar-benar diberikan kopi tanpa kafein.

Setelah melakukan tugas-tugasnya, terbukti kelompok yang meminum kopi dengan kafein penuh tampil lebih baik selama diskusi.

Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kopi dengan kafein ampuh untuk memberikan ketajaman fokus dan semangat dalam produktivitas kerja.

Tags : Kafein , Minum Kopi

Foto Terkait