Tips Hilangkan Jerawat Gak Pakai Ribet

| Rabu, 03/06/2020 19:40 WIB
Tips Hilangkan Jerawat Gak Pakai Ribet Jerawat di Wajah (Doc: Cewek Banget)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Siapa sih yang gak risih kalo punya jerawat, terlebih jika jerawat tersebut berada di area wajah. Bagi para wanita, hal ini merupakan musuh utama untuk dibasmi terlebih jika kamu adalah seseorang yang sangat memprioritaskan penampilan. Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat gak pake ribet.

 

1. Mencuci muka dua kali sehari

Jika kulit kamu cenderung berjerawat atau memiliki kulit berminyak, jangan malas untuk mencuci wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit pagi dan malam.

Dalam sebuah penelitian yang terpercaya beberapa para peserta diminta untuk mencuci muka selama satu, hingga empat kali sehari selama enam minggu. Hasilnya terdapat peningkatan yang signifikan dalam menghilangkan jerawat di area wajah. Hasil ini sebagian besar dialami oleh peserta yang hanya mencuci muka sekali sehari.

 

2. Gunakan pembersih ringan

Kamu juga dapat menggunakan pembersih ringan untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya pembersih "terbaik" mungkin tidak selalu lebih baik, hal ini juga karena tergantung pada jenis kulit seseorang. Sebuah tinjauan sistematis terhadap sumber terpercaya dari 14 studi menemukan bahwa sebenarnya tidak ada banyak perbedaan dalam berjerawat, tidak peduli apa jenis pembersih yang Anda gunakan.

Meskipun fakta ini agak mengecewakan bagi sebagian orang yang telah merogoh saku terlalu dalam, hal ini perlu diperhatikan. Sebab pilihan terbaik biasanya tetap menerapkan hal sederhana. Healthline menyebut, pembersih ringan tanpa banyak bahan dan wewangian dapat bekerja sama baiknya dengan pilihan yang lebih mahal.

 

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit kamu lebih sering pecah. Menurut sebuah studi tahun 2015, lebih dari 65 persen dari peserta yang mengatakan merasa lelah juga memiliki jerawat.

Penulis penelitian berteori bahwa kurang tidur, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan tubuh melepaskan senyawa inflamasi. Senyawa ini bisa menyebabkan kulit pecah atau memperburuk jerawat. Agar tetap sehat baik di dalam maupun di luar, maka dianjurkan untuk tujuh hingga sembilan jam.

 

4. Pilih riasan yang tidak menyumbat pori-pori wajah

Sebuah studi tahun 2013, Trusted Source menemukan bahwa orang yang menggunakan kosmetik tampaknya lebih cenderung mengalami jerawat. Untuk memastikan rutinitas riasan Anda ramah kulit, pastikan untuk:

  • Gunakan produk yang berlabel "noncomedogenic" atau "bebas minyak."
  • Selalu cuci tangan Anda sebelum merias wajah atau produk perawatan kulit.
  • Selalu hapus makeup Anda sebelum tidur.
  • Mencuci kuas dan spons make up seminggu sekali.

 

Nah, itu dia beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat. Silahkan dicoba ladies.

 

Tags : jerawat , tips , hilangkan

Foto Terkait