5 Manfaat Besar Kunyit Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi

| Kamis, 16/07/2020 18:01 WIB
5 Manfaat Besar Kunyit Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Kunyit (Doc: Merdeka)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kunyit disinyalir sebagai suplemen nutrisi paling efektif yang pernah ada. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kunyit dapat memberi manfaat yang sangat besar bagi tubuh dan otak Anda.

Dilansir dari Healthline, Berikut adalah 5 (Lima) manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh anda:

1.Kunyit Mengandung Senyawa Bioaktif Dengan Sifat Obat Kuat

Kunyit adalah bumbu rempah yang telah lama digunakan di India  untuk membumbui kare.

Baru-baru ini, ilmu pengetahuan telah mendukung apa yang dikatakan orang India sejak lama bahwa kunyit mengandung senyawa obat yang disebut curcuminoids, yang didalamnya terdapat senyawa paling penting yaitu  curcumin.

Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. Namun, kandungan kurkumin dalam kunyit tidak setinggi itu.

Karenanya, jika Anda ingin mendapatkan efek penuh dari kunyit, Anda perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung curcumin dalam jumlah besar.

2. Curcumin Adalah Senyawa Anti-Peradangan Alami

Peradangan sangatlah penting. Curcumin sebagai senyawa anti peradangan yang alami dapat membantu tubuh Anda melawan penjajah asing dan memperbaiki kerusakan.

Tanpa peradangan, patogen seperti bakteri dapat dengan mudah mengambil alih tubuh Anda dan membunuh Anda.

Tanpa merinci (peradangan sangat rumit), kuncinya curcumin adalah zat bioaktif yang melawan peradangan pada tingkat molekuler. Peradangan kronis berkontribusi pada banyak penyakit Barat yang umum. Curcumin dapat menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam peradangan.

3. Kunyit Secara Dramatis Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh adalah karena mereka melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Curcumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Senyawa ini dapat memblokir bakteri secara langsung dan kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh Anda sendiri.

4. Curcumin Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade dan belajar banyak tentang mengapa itu terjadi.

Tidak mengherankan, penyakit jantung sangat rumit dan berbagai hal berkontribusi padanya.

Curcumin dinilai dapat membantu melawan penyebaran penyakit jantung dengan meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa curcumin mengarah pada peningkatan fungsi endotel. Satu studi menemukan bahwa itu sama efektifnya dengan olahraga sementara yang lain menunjukkan bahwa ia bekerja sebaik obat Atorvastatin (30Trusted Source, 31Trusted Source).

5. Kunyit Dapat Membantu Mencegah (dan Mungkin Bahkan Mengobati) Kanker

Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Curcumin telah dipelajari sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker dan dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker di tingkat molekuler

Sebuah penelitian telah menunjukkan Curcumin dapat berkontribusi pada kematian sel kanker dan mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan metastasis (penyebaran kanker).

Dalam studi selama 30 hari pada 44 pria dengan lesi di usus besar yang terkadang berubah menjadi kanker, 4 gram curcumin per hari mengurangi jumlah lesi sebesar 40%.

Mungkin curcumin akan digunakan bersamaan dengan pengobatan kanker konvensional suatu hari. Masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti, tetapi itu terlihat menjanjikan dan saat ini sedang dipelajari secara intensif.

 

Demikian adalah 5 manfaat jika Anda mengkonsumsi Kunyit, Sebetulnya masih banyak lagi manfaat dari bumbu rempah kunyit,  tentunya anda dapat melacak melalui informasi yang valid ya. Jadi tunggu apalagi? Yuk konsumsi kunyit untuk kesehatanmu.

Tags : Kunyit , Manfaat , Curcumin

Foto Terkait