Ini Alasan Kenapa Kamu Merasa Ngantuk Setelah Makan

| Rabu, 12/08/2020 21:42 WIB
Ini Alasan Kenapa Kamu Merasa Ngantuk Setelah Makan ilustrasi seseorang mengantuk (Doc: Wowkeren)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pernah merasa ngantuk habis makan? Tenang saja keadaan ini banyak dialami oleh banyak orang. Tapi kamu tahu gak sih apa sesungguhnya penyebabnya?

Dilansir dari klikdokter, terdapat beberapa alasan mengapa seseorang sering merasa mengantuk setelah makan. Dibawah ini mungkin menjadi alasan mengapa kamu sering merasa ngantuk setelah makan:

1. Porsi Makan Terlalu Banyak

Rasa mengantuk dapat muncul dari jumlah porsi makanan yang kamu makan. Jika porsi makan kamu terlalu banyak, maka tubuh membutuhkan banyak energi  untuk memecah makanan. Akibatnya tubuhmu akan lebih merasa letih.

2. Jenis Makanan yang dikonsumsi

Nah kalau kamu memakan yang banyak mengandung karbohidrat bisa jadi kamu akan lebih merasa mengantuk. Mengapa? Karena makanan seperti ini dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak dan turun secara drastic. Ini dapat memicu rasa kantuk. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat ini seperti nasi, kentang, singkong dan lain sebagaiannya.

3.Kurang Gerak

Saat tubuh menerima makanan, maka menjadi tugas tubuh untuk mencerna. Nah disini kita perlu mengimbangi dengan melakukan gerakan. Kamu bisa berjalan santai atau hanya sekedar berdiri lalu duduk kembali. Dengan memperbanyak gerakan pada tubuh juga tidak akan membuat kamu mengantuk kok.

4.Punya Penyakit Tertentu

Atau ternyata penyebab kamu mengantuk karena kamu punya penyakit tertentu ? mungkin saja. Contohnya jika kamu memiliki anemia ataupun diabetes. Kedua penderita ini sama sama sering merasa letih dan lesu. Agar tidak terjangkit penyakit tersebut, jangan menerapkan gaya hidup sehat dan sering-sering berolahraga ya, kalau perlu kamu bisa langsung konsultasi ke dokter untuk mendapat penjelasan yang lebih akurat.

 

 

Tags : makanan , porsi , kenyang , ngantuk