Ini Khasiat Jeruk Nipis untuk Tubuh

| Selasa, 24/11/2020 19:20 WIB
Ini Khasiat Jeruk Nipis untuk Tubuh Jeruk Nipis. (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM - Jeruk nipis dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam. Namun, jeruk nipis memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Salah satu manfaat jeruk nipis yang banyak diketahui adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, jeruk nipis baik dikonsumsi untuk tubuh.

Dilansir dari okezone.com, berikut manfaat jeruk nipis untuk tubuh, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain dari air jeruk nipis adalah membantu mengontrol berat badan Anda. Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini juga membantu untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Sempatkan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga. Pola makan yang sehat juga penting untuk menurunkan berat badan.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Jeruk nipis adalah sumber magnesium dan kalium yang baik bagi kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Penelitian yang sedang berlangsung pada senyawa kapur dalam jeruk nipis mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol

3. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat melembapkan dan meremajakan kulit. selain itu, jeruk npis juga mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Ini juga dapat membuat kulit tampak lebih sehat. Aplikasikan air jeruk nipis pada wajah.

Namun, Anda tidak disarankan terkena sinar matahari setelah mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Sebab ini bisa luka bakar yang menyakitkan.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Sifat asam dari jeruk nipis membantu air liur memecah makanan agar pencernaan lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis dapat merangsang sekresi cairan pencernaan.

Jika Anda sedang sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus. Minum segelas air hangat dengan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minum air hangat yang dicampur dengan jeruk nipis dapat membuat Anda tetap sehat. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyakit.

Jika sedang sakit, jeruk nipis dapat membantu penyembuhan lebih cepat. Makanya jeruk nipis sangat cocok dikonsumsi selama pandemi.

Tags : Jeruk Nipis , Khasiat , Tubuh

Foto Terkait