Sobat Jakarta, Yuk Ngabuburit ke Pameran Artefak Rasulullah!

| Kamis, 29/04/2021 16:54 WIB
Sobat Jakarta, Yuk Ngabuburit ke Pameran Artefak Rasulullah! Tas Kulit Rasulullah yang terpampang di Pameran Artefak Nabi Muhammad SAW di Jakarta Islamic Center (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Pameran Artefak Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wasallah (SAW) kembali digelar di Indonesia. Pada awal tahun 2021 ini, pameran digelar di Gedung Jakarta Islamic Center (JIC), Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.

Pameran ini banyak menghadirkan benda-benda bersejarah milik Baginda Rasulullah mulai dari serban, tas kulit, sandal, bekas wadah air zam-zam hinigga tongkat Rasulullah. Dalam pameran tersebut dipampang pula jenggot Rasulullah dan darah (yang telah dibekukan) milik Rasulullah.

Terdapat pula beberapa barang kepunyaan Sayyidah Aisyah, Sayyidah Fatima, Hasan Radiyallahu Anhu, Husein Radiyallahu Anhu, Sahabat Ali bin Abi Thalib dan Sahabat Khalid Bin Walid.

Pengunjung juga dapat melihat peninggalan bersejarah seperti replika pedang Shalahuddin Al Ayyubi dan benda - benda bersejarah di zaman Dinasti Umawiyyah.

Project Officer Pameran, Denny Nur Alam mengatakan digelarnya pameran ini agar masyarakat mampu mengenali objek sejarah yang masih terdokumentasikan dengan baik. Di sisi lain ini juga sebagai wawasan tambahan bagi umat muslim dalam mengenali peninggalan Rasul dan Sahabat.

“Dengan adanya benda – benda ini kita juga jadi bisa melihat kebesaran Allah SWT dibalik pesan  terawatnya benda-benda ini. Ini juga dengan harapan agar kita mendapatkan manfaat dari Rasulullah SAW,” kata Denny saat diwawancarai, Kamis 29 April 2021.

Bagi para pengunjung yang ingin melihat pameran tersebut dapat langung mengunjungi lokasi dan melakukan registrasi di tempat. Pengunjung juga diimbau untuk menyiapkan infaq minimum sebesar Rp50.000 untuk mendapatkan tiket masuk.

“Kita menghargai artefak rasul, kita tentukan di 50 ribu rupiah, kalau mau lebih terimakasih,” tutur Denny.

Setelah mengenggam tiket, pengunjung barulah bisa mengakses seluruh benda - benda bersejarah yang terpampang di koridor ruangan.

Adapun gelaran pameran artefak dibuka mulai jam 09.00 hingga jam 19.00 dengan waktu jeda saat buka puasa. Pameran artefak akan berlangsung hingga Hari Senin, 3 Mei 2021 mendatang.

Sebagai informasi, gelaran tersebut telah memenuhi protokol kesehatan yang ketat dan menerapkan pembatasan kuota peserta yang masuk ke dalam ruangan pameran.

 

Tags : artefak rasulullah , artefak nabi muhammad

Foto Terkait