Tiga Tips Ini Bisa Bikin Badan Kamu Lebih Oke dan Sehat!

| Senin, 06/12/2021 21:26 WIB
Tiga Tips Ini Bisa Bikin Badan Kamu Lebih Oke dan Sehat! Aneka Bumbu, Buah dan Sayuran (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ladies and Gentleman, apakah banyak dari kamu yang ingin tubuhnya terlihat lebih sehat namun tidak tahu harus mulai dari mana? Tenang saja di artikel ini kami akan membeberkan rahasia untuk menciptakan badan sehat dan bagus!

Tapi sebelumnya kamu juga harus tau, saat kamu sedang merencanakan makan untuk siang hari atau malam hari, semakin membuat diri kamu merasa lapar dan tidak puas? Ini bisa jadi alasan utama mengapa kamu merasa sulit berpegang pada rencana makan yang lebih sehat dan akhirnya gagal ngurusin badan deh!

Berikut ini adalah beberapa cara paling simpel menurunkan berat badan sekaligus menjadikan badan kamu makin sehat!

 

1. Kurangi karbohidrat

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan karbohidrat. Ini bisa dengan  makan makanan rendah karbohidrat atau mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Ketika kamu melakukan itu, tingkat rasa lapar kamu turun, dan kamu biasanya makan lebih sedikit kalori.

Jika kamu memilih untuk makan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kamu akan mendapat manfaat dari serat dan mencernanya lebih lambat. Ini membuat mereka lebih mengenyangkan untuk membuat kamu puas.

Sebuah studi tahun 2020 mengkonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan, yang dapat menyebabkan makan lebih sedikit kalori tanpa memikirkannya atau merasa lapar.

Diet rendah kalori juga dapat menyebabkan penurunan berat badan dan lebih mudah dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

 

2. Makan protein, lemak, dan sayuran

Ingatkan diri kamu bahwa setiap makanan kamu harus mencakup:

  • sumber protein
  • sumber lemak
  • sayuran,
  • sebagian kecil karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian

 

Cukup protein

Mengapa protein? makan protein sangat disarankan dan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot selagi menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa makan protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, nafsu makan, dan berat badan,

Berikut cara menentukan seberapa banyak kamu perlu makan tanpa makan terlalu banyak.  Umumnya, rata-rata kebutuhan orang adalah,

- 56–91 gram per hari untuk rata-rata pria

- 46–75 gram per hari untuk rata-rata wanita

 

Diet dengan protein yang cukup juga dapat membantu kamu,

  • mengurangi keinginan mengidam dan pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%
  • mengurangi keinginan ngemil larut malam hingga setengahnya
  • membuat Anda merasa kenyang

 

Dalam sebuah penelitian, orang dengan diet protein tinggi bahkan makan 441 kalori lebih sedikit per hari.).

Sumber protein yang sehat meliputi:

daging: sapi, ayam, babi, dan domba

ikan dan makanan laut: salmon, trout, dan udang

telur: telur utuh dengan kuningnya

protein nabati: kacang-kacangan, polong-polongan, quinoa, tempe, dan tahu

 

Rendah karbohidrat dan sayuran berdaun hijau

Jangan takut untuk mengisi piring kamu dengan sayuran hijau. Sayuran dikemas dengan nutrisi dan kamu bisa makan dalam jumlah yang sangat besar tanpa meningkatkan kalori dan karbohidrat.

Sayuran yang harus disertakan untuk rencana makan rendah karbohidrat atau rendah kalori:

Brokoli, kol bunga, bayam, tomat, kubis, kubis Brussel, kubis, Swiss chard, selada, ketimun, lemak sehat

 

Jangan takut makan lemak.

Tubuh kamu tetap membutuhkan lemak sehat apa pun rencana makan yang kamu pilih. Minyak  dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk dimasukkan dalam rencana makan kamu.

Lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa harus digunakan hanya dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih tinggi

 

 

3. Gerakkan tubuhmu

Kamu harus olahraga! meskipun memang tidak terlalu berdampak dalam menurunkan berat badan namun olahraga tetap dapat membantu menurunkan lebih cepat. 

Kalau kamu memutuskanmengangkat beban, itu jauh lebih baik karena bisa membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme yang lambat.

Cobalah pergi ke gym tiga sampai empat kali seminggu untuk mengangkat beban. Jika angkat beban bukan kamu banget, boleh banget memilih olahraga kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, berenang. Itu semua sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

 

Tags : sehat , diet karbo