Dua Lipa Digugat Dua Musisi atas Plagiasi Karya

| Kamis, 10/03/2022 18:08 WIB
Dua Lipa Digugat Dua Musisi atas Plagiasi Karya Dua Lipa (Doc: Female First)

RADARBANGSA.COM – Musisi Hollywood, Dua Lipa digugat karena penjiplakan karya. Tudingan ini dilontarkan oleh L. Russell Brown dan Sandy Linzer.

Pengacara Brown dan Linzer mengatakan bahwa lagu Levitating milik Dua Lipa telah menjiplak  dua lagu milik mereka, yaitu

"Terdakwa [Dua Lipa] telah merampas kekayaan intelektual penggugat [Brown dan Lienzer]," tulis Pengacara Brown dan Linzer dalam gugatannya, dikutip CNN, Kamis 10 Maret 2022.

"Penggugat mengajukan gugatan sehingga tergugat tidak dapat melepaskan diri dari pelanggaran yang disengaja."

Lebih rinci, merekan mengatakan ada penjiplakan terlihat dalam penyampaian ritmis dari frasa pembuka. Wiggle and Giggle All Night dan Don Diablo sendiri merupakan lagu di era 1979 dan 1980.

Pengacara lantas menyoroti salah satu wawancara Dua Lipa yang mengaku dia sengaja meniru era silam dari musik ikonis untuk suasana retro di album “Future Nostalgia”.

Lebih lanjut, perngacara bersikeras bahwa melodi yang dipermasalahkan memainkan peran utama dalam kesuksesan Levitating di TikTok dan tangga lagu.

"Dalam mencari inspirasi nostalgia, tergugat menyalin ciptaan penggugat tanpa atribusi," klaim Brown dan Linzer.

Di tempat terpisah, Dua Lipa juga digugat oleh band asal Florida, Artikal Sound System, terkait lagu yang sama, Levitating.

Artikal Sound System menganggap Levitating menjiplak single mereka, Live Your Life, yang ditulis pada 2017.

Dalam dokumen gugatan, Artikal Sound System mengatakan bahwa sangat tidak mungkin Levitating diciptakan secara independen.

Tags : DUA LIPA ,

Foto Terkait