Catat! 3 Jus ini Paling Cepat Turunkan Kolesterol

| Rabu, 27/07/2022 22:10 WIB
Catat! 3 Jus ini Paling Cepat Turunkan Kolesterol Jus Tomat. (Foto Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Kolesterol adalah zat lilin dalam tubuh yang diproduksi hati. Selain dalam tubuh, zat ini juga terdapat dalam produk hewani seperti susu dan daging.

Kolesterol berfungsi melindungi saraf dan membuat jaringan sel atau hormon. Terdapat dua jenis kolesterol, yakni Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kolesterol sangat penting dalam tubuh, namun jika kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak atau sumbatan dalam pembuluh darah. Penyumbatan yang tak kunjung diobati dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung bahkan stroke.

Karena itu, perlu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Umumnya, jika kolesterol tinggi dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kolesterol.

Namun, menurunkan kolesterol juga bisa diobati secara alami dengan mengonsumsi makanan maupun minuman sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi jus secara teratur.

Berikut minuman jus yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh seperti dilansir dari okezone.com, antara lain:

1. Jus Tomat

Tomat adalah buah yang kaya akan senyawa likopen. Likopen merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL "jahat".

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya. Jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin.

2. Jus Delima

Jus delima diketahui mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada banyak jus buah lainnya. Tak hanya itu, jus satu ini mengandung antioksidan hampir tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah. Antioksidan sendiri dianggap memberikan beberapa manfaat melindungi jantung, termasuk mengurangi kolesterol jahat.

3. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin. Senyawa flavonoid dapat membantu menurunkan kadar serum kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2013 bahwa konsumen jus jeruk jangka panjang memiliki kadar kolesterol total, kolesterol jahat, rasio apo B dan LDL atau HDL yang lebih rendah dan peningkatan folat dan vitamin C dalam makanan mereka.

Tags : Kolesterol , Jus , Tomat , Delima , Jeruk , Kesehatan