Salat Sunah di Bulan Rajab

| Senin, 15/02/2021 20:26 WIB
Salat Sunah di Bulan Rajab rajab (istimewa)

RADARBANGSA.COM - Terdapat bulan-bulan mulia yang penuh keberkahan dan keistimewaan dalam Islam, yaitu bulan Zulqadah, Zulhijah, Muharam dan Rajab. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT Surat At-Taubah ayat 36.

Terkait firman Allah ‎فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ dalam Surat At-Taubah tersebut, Imam At-Thabari mengatakan demikian:  

‎في كلِّهنّ، ثمّ اختصَّ من ذلك أربعةَ أشهرٍ فجعلهنَّ حراماً، وعَظّم حُرُماتِهنَّ، وجعل الذنبَ فيهنَّ أعظمَ، والعملَ الصالحَ والأجرَ أعظمَ

Artinya: "(Umat manusia dilarang berbuat zalim dalam sepanjang waktu), terutama di empat bulan yang Allah muliakan. Karena empat bulan itu dimuliakan, Allah mencatat pelaku dosa di empat bulan ini dosanya lebih berat dan berbuat kebajikan dan amal saleh di bulan ini juga besar pahalanya."

Menambah pahala dan kebajikan di bukan Rajab dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti salat, puasa, dan bersedekah. Imam Al-Ghazali mencatat dalam kitab Ihya Ulumiddin bahwa terdapat salat sunah mutlak seperti biasa. Terkait salat Rajab, Imam Al-Ghazali menganjurkan demikian:

"Seseorang yang berpuasa di hari Kamis dalam bulan Rajab, kemudian melakukan salat sunnah sebanyak dua belas rakaat di antara waktu salat Isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan. Adapun tatacara melakukan salat dua belas rakaat itu seperti salat sunah pada umumnya, yaitu dilakukan dengan salat dua rakaat dengan satu kali salam. Bila salat dua belas rakaat berarti terdapat enam kali salam. Setiap rakaat setelah membaca Surat Al-Fatihah, disunnahkan membaca Surat Al-Qadar sebanyak 3x dan Al-Ikhlas sebanyak 12x."

Setelah selesai melaksanakan salat, kita dianjurkan membaca salawat sebanyak 70x. Salawat yang dibaca adalah allahumma shalli ‘ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi. Setelah membaca salawat, kita dianjurkan sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70x. Setelah selesai sujud, duduklah sejenak dengan membaca rabbighfir warham wa tajawaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azzul akram sebanyak 70x. Setelah itu, kembali sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70x. Setelah selesai mohonlah kepada Allah SWT hal yang diinginkan."

Tags : Rajab , Salat

Berita Terkait