Gus Baha Ungkap Derajat Surat Al Ikhlas Lebih Tinggi

| Minggu, 17/12/2023 18:15 WIB
Gus Baha Ungkap Derajat Surat Al Ikhlas Lebih Tinggi KH Bahaudin Nur Salim (Gus Baha). (Foto: twitter @Islamidotco)

RADARBANGSA.COM - Surat Al Ikhlas merupakan surat ke-112 dalam Alquran. Surat Al Ikhlas diturunkan di Makkah dan sampai saat ini menjadi salah satu amalan yang sering dibaca umat Islam.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha mengungkap keutamaan Surat Al Ikhlas. Ulama ahli tafsir ini menyatakan Surat Al Ikhlas memiliki derajat lebih tinggi dari Surat Al Mulk.

Dilansir tayangan di kanal YouTube Angkring Cilik, Gus Baha dalam ceramahnya menjelaskan keutamaan Surat Al Ikhlas.

Gus Baha menerangkan bahwa Surat Al Mulk atau Tabarak memiliki derajat 70 kali lebih tinggi dibanding surat lain. Namun, Surat Al Ikhlas derajatnya lebih tinggi daripada Al Mulk.

"Tapi alhamdulillah dari semua itu, Surat Tabarak iku kalahe mbek 'Qul huwallahhu ahad' (Surat Al Ikhlas). Dadi niki nikmat terbesar kita," ungkap Gus Baha.

Ia menambahkan, selain itu membaca Surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali sama saja dengan membaca Alquran.

"Siapa yang bisa khatam Quran dalam waktu sekian menit, yang menang Sayyidina Ali karena baca Qulhu sampe tiga kali, yang dianggap sudah sama dengan baca Quran," tutur Gus Baha. 

Gus Baha bahkan sampai menangis karena merasa Allah SWT sangat baik kepada hamba-hamba-Nya. Dengan menghafal Surat Al Ikhlas, kaum Muslimin dapat dicintai oleh-Nya.

"Saya itu kalau baca Qulhu (Surat Al Ikhlas) itu sampe nangis. Nangis saya bukan karena paham atau haru itu ndak. Sebaik itu Allah masak gara-gara hafal Qulhu, main Qulhu, dicintai-Nya. Ya karena memang Allah itu benar-benar Dzat Yang Baik," ucapnya.

Tags : Gus Baha , Surat Al Ikhlas , Alquran , Islam

Berita Terkait