Di Tempat ini Anda Bisa Berburu Takjil Selama Ramadhan

| Selasa, 07/05/2019 13:01 WIB
Di Tempat ini Anda Bisa Berburu Takjil Selama Ramadhan Salah satu pusat jajanan bulan ramadhan di kawasan Jakarta Pusat. (Foto: prelocoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anda suka berburu takjil jelang berbuka puasa? tempat ini harus Anda kunjungi untuk mendapatkan jajanan berbuka puasa. Dimana saja tempatnya?

Di Jakarta ada beberapa pusat jajanan yang tak boleh dilewatkan, khususnya kawasan Jakarta Pusat. Di pusat pasar takjil ini, Anda bisa berburu aneka ragam gorengan, kue, bubur sumsum hingga aneka es pelepas dahaga saat berbuka puasa.

1. Pasar bendungan Hilir (Bendhil)

Pasar takjil yang satu ini sudah terkenal dari masa ke masa. Para pemburu takjil dari kawasan Thamrin-Sudirman banyak menyambangi pasar ini demi mendapatkan kudapan enak untuk menu berbuka puasa.

Di sini ada aneka jajanan mulai gorengan, kolak, bubur kampiun, bubur sum-sum, es buah hingga makanan berat seperti masakan Minang, gudeg dan sate padang. Para pedagang di pasar ini mulai membuka lapaknya sejak pukul 15.00 WIB hingga lepas Maghrib.

2. Jalan Sabang

Setiap malam Jalan Sabang, Jakarta Pusat memang dipenuhi kuliner kaki lima yang menggoda. Tapi khusus di momen Ramadhan, akan banyak penjual takjil yang menggelar meja di sepanjang jalan ini.

Pilihan menu berbuka puasa yang ditawarkan juga variatif seperti lontong isi, aneka gorengan, pempek, mie ayam hingga aneka makanan berat. Pasar kuliner ini akan berlanjut hingga tengah malam dengan sajian makanan berat yang bisa jadi menu makan malam.

3. Masjid Sunda Kelapa

Di kawasan Menteng ada beberapa masjid yang berubah jadi pasar takjil dadakan saat bulan puasa. Salah satunya di Masjid Sunda Kelapa. Pedagang akan menggelar dagangan di depan pintu masuk masjid.

Meskipun kawasan ini akan macet pada sore hari, tak membuat surut para pemburu takjil. Aneka makanan enak seperti kolak, puding, roti bakar, roti maryam hingga sate bisa dengan mudah ditemui di pasar takjil ini. Banyak juga yang langsung melaksanakan sholat Maghrib usai berbelanja takjil dan berbuka puasa.

4. Jalan Kramat Raya

Masih di kawasan Jakarta Pusat, jangan lewatkan keseruan berburu takjil di Jalan Kramat Raya. Lokasi dekat Bioskop Senen ini jadi pusatnya takjil khas Minang.

Lemang tapai, bubur kampiun hingga nasi kapau komplit bisa ditemui di sini. Jika hari biasa para penjual ini berjualan siang hari maka khusus selama bulan Ramadhan para pedagang baru menggelar lapak sore hari.

5. Masjid Cut Meutia

Lokasinya yang strategis dengan area jualan yang agak luas membuat Masjid Cut Meutia juga jadi salah satu pusat jajanan takjil. Pengunjung pasar jajanan ini biasanya para karyawan yang bekerja di sekitar masjid.

Tapi karena lokasinya berdekatan dengan stasiun Gondangdia, tak sedikit juga pembeli yang mampir ke pasar takjil sebelum pulang menumpang kereta. Jajanan yang ditemui juga tak kalah variatif, ada bakso pentol pedas, kue pancong hingga nasi gudeg yang bisa dibawa pulang sebagai menu berbuka puasa.

Tags : Takjil , Pusat Jajanan Ramadhan , Jakarta