Jenis Ikan yang Aman Disantap Saat Mentah

| Kamis, 19/05/2022 20:18 WIB
Jenis Ikan yang Aman Disantap Saat Mentah Hidangan Sashimi (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Mari kita bicara tentang jenis makanan laut yang bisa dimakan saat mentah. Bagi teman teman pecinta makanan jepang seperti sushi dan sashimi pasti tahu betul bagaimana cita rasa dari makanan mentah.

Namun ternyatan makanan laut mentah tidak selalu terikat dengan kedua hal tersebut. Kita secara cuma – cuma bisa memesan ikan mentah yang disajikan di restaurant non jepang, tapi dengan tetap melihat standar pengolahan makanan yang benar.

Merujuk Peraturan dari Food and Drug Administration di Amerika Serikat, makanan laut ini harus dibekukan terlebih dahulu sebelum disajikan. Tujuannya untuk membunuh parasit yang menempel.

Oleh karenanya penting bagi kita bertanya dan mengecek kepada penjual ikan tentang kualitas ikan laut yang disajikan secara mentah.

Lalu apa saja makanan laut yang bisa dimakan secara mentah ini? Mari kita simak bersama.

 

IKAN SALMON

Salmon sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Tidak hanya menawarkan rasa yang lezat, tetapi salmon juga memiliki gizi yang sangat tinggi.

Salmon dan lemaknya sangat kaya akan asam lemak dan omega-3 yang ini baik utuk kesehatan jantung. Disamping itu, salmon merupakan sumber protein yang kaya mineral.

Penelitian menunjukkan, jika salmon digoreng atau direbus, maka kadar omega-3-nya berkurang sampai 14 persen. Maka dari itu, banyak dari penyaji makanan memilih untuk menggunakan opsi mementahkan salmon.

Baiknya salmon yang akan dikonsumsi mentah adalah yang segar dan tidak berbau anyir. Pilihlah salmon yang matanya terlihat bersinar dan jernih dengan insang berwarna kemerahan. Potongan daging nya juga haruslah kenyal, lembab, dan berwarna cerah.




TUNA

 

 

Tak kalah pamor dengan Salmon, Tuna juga sangat popular di kalangan penikmat kuliner. Seperti halnya Salmon, Tuna juga biasa dihidangkan sebagai sashimi di restoran oriental. 

Ada beberapa potongan tuna yang berbeda, seperti O-toro. O-toro adalah bagian tuna yang terdapat di bagian bawah perut serta yang paling mahal harganya.

Potongan tuna yang lebih rendah adalah chutoro, yang berwarna merah muda. Chu-toro memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, tetapi tidak setinggi O-toro. 

Adapun potongan tuna yang paling umum adalah akami, yang memiliki warna merah tua. Ini sering disajikan dengan jahe dan bawang putih.

 

 

TERIPANG

 

 

Biota laut satu ini terkenal dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa. Teripang mengandung beberapa manfaat seperti protein, vitamin A, B2 (riboflavin), dan B3 (niacin), serta berbagai mineral, seperti kalsium dan magnesium.

Tak heran jika Teripang sudah menjadi menu tradisional di negara Tiongkok dan Jepang.

Faktanya teripang atau timun laut bisa dikonsumsi dalam bentuk dikeringkan, diasamkan, digoreng, hingga dimakan mentah-mentah.

Tags : tuna , salmon , ikan mentah , teripang