Pemerintah Luncurkan Asuransi Tani di Ciamis

| Selasa, 10/10/2017 22:30 WIB
Pemerintah Luncurkan Asuransi Tani di Ciamis Menteri Amran, Menteri Eko Putro Sandjojo dan Menteri Rini Soemarno saat melakukan panen di Ciamis. (foto: Kementan)

CIAMIS, RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa para petani di beberapa kabupaten akan diberikan asuransi khusus pertanian. Asuransi itu disiapkan untuk program sawah dan sapi. Hal itu bertujuan agar para petani terhindar dari kerugian seperti kena banjir dan hama.

"Asuransi tani ini yang pertama dalam sejarah. Asuransi ini kami siapkan untuk sapi dan sawah agar petani terhindar dari kerugian," kata Andi Amran Sulaiman di Ciamis, Selasa 10 Oktober 2017.

Dilansir antaranews.com, Menteri Amran mengatakan asuransi tani itu merupakan program Presiden Jokowi yang dikhususkan untuk para petani. Nantinya, asuransi tani tersebut akan dikelola oleh PT Asuransi Jasa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, program yang dicanangkan Pemerintah, salah satunya asuransi tani merupakan keinginan Presiden Jokowi untuk memsejahterakan para petani Indonesia.

"Jadi dari mulai menanam, pasca panen, penjualan, kami harap petani bisa ikut berpartisipasi," ujarnya.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar (Demiz) mengaku apresiasi atas program pemerintah pusat guna membantu para petani di daerah sehingga ada jika ada kerugian dapat ganti rugi, "Petani kalau gagal dapat ganti rugi, ini bagus sebagai pengalihan risiko." tukasnya.

Diketahui, Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu sentra produksi padi nasional yang memasok 43,7 persen  dari produksi gabah nasional sekitar  79.351,861 juta ton tahun 2016.

 

Tags : Petani , Asuransi Tani