Mendes: Ajukan Prukades Tak Perlu Proposal Tebal

| Kamis, 26/10/2017 16:10 WIB
Mendes: Ajukan Prukades Tak Perlu Proposal Tebal Menteri Eko Putro Sandjojo saat menerima audiensi Bupati Ogan Ilir di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta. (foto: kemendes.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyatakan, untuk menjalankan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan atau Prukades, bupati diminta tak mesti membuat proposal tebal melainkan hanya menentukan lokus programnya dengan jelas saja.

"Gak usah proposal tebal-tebal, yang penting lokusnya jelas, kemudian penerima bantuannya nanti siapa. Ini kalau nggak jelas nanti lama. Sekarang sudah 43 kabupaten yang daftar ke saya. Harus cepat,” ujar Menteri Eko Sandjojo, dilansir kemendesa.go.id, Kamis 26 Oktober 2017.

Menurut Politisi PKB ini, masih adanya desa miskin dikarenakan desa tidak memiliki pasar sehingga masih mengandalkan tengkulak. Bahkan pasar pun tidak bisa masuk karena desa tidak memiliki produk dengan skala ekonomi.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Eko meminta kepada bupati agar menentukan produk unggulan desa dan lokusnya bahkan tentukan kebutuhan untuk menunjang produk tersebut.

“Saya minta tentukan aja produk unggulannya, tapi jangan hanya sekadar tentukan produk unggulan, tentukan lokusnya, petanya, butuhnya apa jembatan atau apa, nanti saya pertemukan dengan 19 kementerian/lembaga," ujarnya.

Tags : Mendes PDTT , Prukades