Isi Kuliah Umum, Lukman Edy Terangkan Peran Penting Ormas

| Senin, 30/10/2017 11:52 WIB
Isi Kuliah Umum, Lukman Edy Terangkan Peran Penting Ormas Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy mengisi Kuliah Umum didepan ribuan mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rokan Bagan Batu, Rokal Hilir, Riau (foto: inforohil.com)

ROHIL, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy menerangkan perbedaan negara serikat dengan negara kesatuan serta pentingnya organisasi kemasyarakatan (Ormas) di depan ribuan mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rokan Bagan Batu, Rokal Hilir, Riau, Minggu 29 Oktober 2017.

Pemaparan tersebut dilakukan Lukman lantaran ia didapuk menjadi pemateri dalam Kuliah Umum bertajuk "Melalui Kuliah Umum, Menuju Kebangkitan Bangsa dalam Bingkai NKRI Bermarwah".

Menurut Lukman, Ormas di Indonesia meliliki peran yang sangat penting. Bahkan sebelum lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ormas dalam berbagai bidang terlebih dahulu lahir.

"Seperti Ormas Nahdatul Umah (NU), Muhammadiyah dan lainnya telah lahir terlebih dahulu," kata pria yang lebih akrab disapa LE ini di Hall Convention Suzuya Hotel Bagan Batu, Rohil. 

Menilik Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 tentang Ormas, kata Lukman, Ormas memang memiliki peran yang cukup signifikan. Ia merupakan organisasi yang sangat penting dalam mempermudah kerja pemerintah dalam mencapai tujuan negara.

Dikatakan Lukman, Ormas dapat menjadi agen pemerintah dalam melaksanakan program, terutama dalam konteks pemberdayaan masyarakat sesuai dengan haluan ideologi bangsa, yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Oleh karena itu, jika ada Ormas mengkampanyekan diri dengan ideologi negara di luar Pancasila, terang Lukman, negara juga memiliki hak untuk memberantasnya.

"Negara kita terdiri dari berbagai suku bangsa. Negara, punya hak untuk mempertahankan ideologi negara dan mempertahankan NKRI. Untuk itu negara diberi wewenang untuk menangkal itu," kata Lukman yang juga bakal calon Gubernur Riau 2018 ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Rohil, Syarifuddin pada kesempatan itu menyampaikan pesan kepada para peserta Kuliah Umum untuk dapat mencerna apa yang nantinya disampaikan oleh LE.

"Ini luar biasa, kita sudah tau siapa Lukman Edy, ilmu pengetahuan yang dimilikinya tidak diragukan lagi, jadi jangan siasiakan kesempatan ini, serap dan manfaatkan ilmu yang diberikan olehnya," pesan ketua DPC PKB Rohil itu.

Turut hadir, wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohil Drs Syarifuddin MM, anggota DPRD Rohil Riyadi dan Mulkan, Ketua STAI Rokan, Imran Rido SH.i MPd, ketua yayasan Irsyadul Islamiyah Zarkasih Pandapotan Siregar, tokoh masyarakat, tokoh agama serta para undangan lainnya. 

Tags : Lukman Edy , PKB

Berita Terkait