Daerah Padat Penduduk Kunci Sukses Pilkada 2018

| Selasa, 14/11/2017 06:36 WIB
Daerah Padat Penduduk Kunci Sukses Pilkada 2018 Tjahjo Kumolo (Menteri Dalam Negeri RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan kelancaran pelaksanaan pemilihan di daerah padat penduduk merupakan kunci sukses pilkada 2018. Menurutnya, tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada mendatang setidaknya dapat meningkat hingga mencapai 78 persen.

Provinsi Jawa Barat (Jabar), menurut Tjahjo merupakan salah satu daerah yang menjadi perhatian pelaksanaan pilkada serentak mendatang. "Jabar sebagai daerah padat penduduk yang juga padat pemilihnya, merupakan kunci sukses pilkada," ungkap Tjahjo dalam keterangan pers pada Senin, 13 November 2017.

Kelancaran pilkada sangat penting mengingat ada berbagai kendala yang harus dicegah, yakni potensi politik uang menjelang pelaksanaan pilkada. Selain itu, potensi persaingan politik yang mengusung kampanye SARA, kampanye hitam atau ujaran kebencian.

Oleh karena itu, sosialisasi kepada pemerintah daerah, pelaksana pilkada atau aparat keamanan harus dilakukan secara menyeluruh. "Pemahaman terkait tahapan, pelanggaran dan ketidakadilan selama pelaksanaan pilkada itu penting disosialisasikan kepada semua pihak. Semua daerah pelaksana pilkada akan menjadi prioritas pemerintah," ujar Tjahjo seperti dikutip republika.co.id.

Mendagri menyatakan ada kenaikan target capaian partisipasi pilkada oleh masyarakat. Pemerintah berharap partisipasi masyarakat pada pilkada naik dari 74 persen menjadi 78 persen.

Seperti diketahui, Pilkada 2018 akan diikuti oleh 171 daerah penyelenggara. Daerah-daerah tersebut meliputi 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota.

Tags : Mendagri , Pilkada 2018

Berita Terkait