Jelang Munas NU, INC Gelar Seminar Nasional Mahaguru Ulama Nusantara

| Selasa, 21/11/2017 16:31 WIB
Jelang Munas NU, INC Gelar Seminar Nasional Mahaguru Ulama Nusantara Seminar Nasional Mahaguru Ulama Nusantara di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu 22 November 2017.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Islam Nusantara Center (INC) akan menggelar seminar nasional dengan tema “Mahaguru Ulama Nusantara Zona Nusa Tenggara Barat : Jejaring Ulama Syekh Abdul Ghani Bima, Syekh Muhammad Zainuddin Sumbawa, dan TGKH Zainuddin Abdul Madjid” pada Rabu 22 November 2017 di Aula Al-Hikmah Ruang 34 Masjid Istiqlal, Jakarta.

Seminar ini diselenggarakan untuk memberikan warna sekaligus mengangkat, mengenalkan karya dan kepeloporan Ulama Nusantara, khususnya Ulama NTB di momen Munas dan Konbes NU yang akan dilaksanakan pada 23-25 November di NTB.

Direktur Islam Nusantara Center (INC), Ginanjar Sya’ban menjelaskan, seminar nasional ini adalah salah satu program rutin INC yang akan diselenggarakan di provinsi seluruh Nusantara, untuk menggali dan mengangkat Ulama Nusantara di berbagai daerah.

“Untuk kali ini, kami ingin membahas Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam sejarah persebaran Islam. Banyak muncul ulama-ulama besar dari NTB yang telah berperan dalam berdirinya NKRI yang perlu kita ketahui bersama,” jelas Ginanjar dalam keterangan persnya.

Peran ulama di masyarakat begitu sentral dan penting. Tradisi, budaya, dan ilmu yang diwariskan ulama terbukti menjadi kekuatan nasional dan menguatkan semangat kebangsaan. Selain itu, warisan ulama Nusantara ada pada terjalinnya jejaring keilmuan dan kebudayaan kepada generasi setelahnya.

Menurut Inisiator INC, Jazilul Fawaid, mengkaji para Mahaguru ulama nusantara adalah bagian dari upaya mengingatkan generasi muda saat ini kepada tokoh-tokoh pewaris tradisi yang terus mengakar di tengah masyarakat hingga saat ini. Tradisi Islam yang diwariskan ulama tersebut terbukti telah menjadi pemersatu bangsa Indonesia, serta telah menguatkan semangat dan nilai-nilai kebhinekaan.

Seminar Nasional ini akan dihadiri oleh Panglima Santri Nusantara H. Abdul Muhaimin Iskandar M.Si sebagai Keynote speaker dan Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin sebagai sesepuh ulama dari NTB.

Beberapa tokoh lain yang juga konfirmasi hadir antara lain : Dr. TGB. H. Zainul Majdi, MA. (Gubernur NTB), Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Prof. Dr. Abdul Ghani Abdullah, SE, Dr. M. Wildan, MA., Zainul Milal Bizawie (Sejarawan dan penulis buku Masterpiece Islam Nusantara), A. Ginanjar Syaban (Filolog dan Direktur Islam Nusantara Center – INC) dan Ahmad Zakaria sebagai moderator.

Seminar Nasional ini adalah salah satu program rutin Islam Nusantara Center (INC) yang akan diselenggarakan juga di daerah-daerah lain seperti Sumatera, Jawa Timur dan lain sebagainya. Untuk menggali dan mengangkat Ulama Nusantara di daerah bersangkutan.

Tags : Munas NU , Ulama Nusantara

Berita Terkait