Masa Reses, Acep Adang Bagikan Alat Pertanian

| Rabu, 27/12/2017 15:35 WIB
 Masa Reses, Acep Adang Bagikan Alat Pertanian Anggota DPR RI FPKB, Acep Adang Ruhiat melakukan reses di Dapil Jabar XI.

TASIKMALAYA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Acep Adang Ruhiat melakukan kunjungan atau reses kepada konstituennya di Dapil Jabar XI yakni Kabupaten/Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut. 

"Reses merupakan bagian dari kegiatan rutin anggota DPR RI pada waktu-waktu yang telah ditentukan untuk menjadi sarana dalam menjalankan fungsi representasi dan akuntabilitas publik melalui sosialisasi hasil-hasil pencapaian kinerja anggota dan sekaligus menyerap aspirasi mereka," ujar Acep dalam rilisnya yang diterima Radarbangsa.com, Rabu 27 Desember 2017.

Menurutnya, reses juga merupakan instrumen yang strategis untuk mengoptimalkan konsolidasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Konsolidasi yang dimaksud lebih spesifik pada pembinaan dan memperkuat hubungan dengan konstituen.

"Melakukan reses di daerah pemilihan dengan ruang lingkup kegiatan yang mengarah kepada tugas dan fungsi DPR, membangun hubungan dengan birokrasi pemerintah daerah, pemilihan kepala daerah, dan potensi pertanian, perikanan & kelautan," tambahnya. 

Acep Adang melakukan kunjungan ke desa-desa tertentu sesuai permintaan masyarakat dan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, Pengurus DPAC PKB, Pengurus MWC NU & Banomnya, kelompok tani setempat untuk mendengar berbagai aspirasi terkait rencana yang berhubungan dengan pembangunan sarana-prasarana desa dan kebutuhan konstituen lainnya, terutama dibidang pertanian.

Adapun bantuan program Kementerian Pertanian RI untuk tahun anggaran 2016–2017 yang disalurkan melalui kewenangan Acep Adang Ruhiat,  dan didistribusikan di Dapil Jabar XI, diantaranya: bantuan traktor roda dua yang berjumlah 140 unit, bantuan mesin pompa yang berjumlah 140 unit, bantuan alat pasca panen (combine harvester kecil berjumlah 3 unit, power thrusher yang berjumlah 5 unit dan corn sheller yang berjumlah 9 unit), program unit pengolahan pupuk organik (UPPO) berjumlah 10 kelompok, program sapi indukan berjumlah 3 Kelompok, dan program penanaman cabai 7 kelompok.

Acep Adang juga melakukan kunjungan langsung terhadap konstituen berbasis profesi pembudidaya ikan yang menjadi penerima bantuan program Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yakni program usaha mina mandiri (PUMM) budidaya berjumlah 7 kelompok dan program bantuan Lele bioflok untuk 5 pondok pesantren.

Selain itu, Ia melakukan kunjungan langsung terhadap konstituen berbasis profesi melalui kelompok tani hutan yang menjadi penerima bantuan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni program kebun benih rakyat (KBR) berjumlah 4 Kelompok, program pengembangan perhutanan sosial nusantara (Bang Pesona) yang berjumlah 3 Kelompok dan program bantuan benih hutan sebanyak 14 Ribu pohon.

Tags : Reses , Acep Adang Ruhiat

Berita Terkait