Sanitasi Air Sangat Penting Atasi Stunting

| Kamis, 29/03/2018 16:55 WIB
Sanitasi Air Sangat Penting Atasi Stunting Wapres JK dan Mendes Eko Sandjojo saat menghadiri (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla membuka gelaran `Stunting Summit 2018` di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Rabu 28 Maret 2018. Dalam kesempatan itu JK mengungkapkan bahwa sanitasi air bersih sangat berperan penting untuk mengatasi stunting.

“Sanitasi agar tidak cacingan. Karena walaupun gizinya banyak yang baik, tapi dimakan cacing di dalam (tubuh) ya, ini menyebabkan kekurangan gizi yang kronis nanti. Nah, itu tanda-tanda anak perutnya buncit biasanya,” kata JK dilansir kemendesa.go.id, Kamis 29 Maret 2018.

Menurut JK, untuk mengatasi stunting di Indonesia paling tidak ada 3 langkah seperti asupan gizi yang cukup, sanitasi dan pengasuhan anak yang baik.

“Stunting solusinya minimal langkah-langkah dalam tiga hal, asupan gizi dan sanitasi, gizi menyebabkan pertumbuhan berkurang, sanitasi bisa menyebabkan cacing, kemudian pengaruh cara pengasuhan anak yang sangat penting,” jelas JK.

Sementara menurut Menteri Desa PDTT, ada tiga faktor yang menyebabkan stunting yakni minimnya pengetahuan, permasalahan infrastruktur, dan kemiskinan. “Misalnya MCK. Kita bisa bangun 109.486 unit, saya sangat senang dengan pencapaian ini," jelasnya

 

Tags : Stunting , JK , Mendes Eko Sandjojo ,