Jika Cak Imin Terpilih Jadi Wapres, ini Harapan Seniman Jogja

| Minggu, 01/04/2018 09:01 WIB
Jika Cak Imin Terpilih Jadi Wapres, ini Harapan Seniman Jogja Cak Imin dan Seniman Yogyakarta. doc. PKB

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berkunjung ke Kota Gudeg , Yogyakarta, dengan agenda menghadiri acara Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-4 DPW PKB DIY di Pondok Pesantren Ar Robithoh & Al Muhdi Sleman.

Sebelum melantik DPC PKB dan DPAC PKB se-D.I. Yogyakarta, Cak Imin terlebih dahulu menghadiri undangan diskusi Seniman Yogyakarta yang bertajuk “Cak Imin Tilik Seniman Jogja” di Warung Konco Ndeso, Jombor, Sabtu 31 Maret 2018.

Diskusi ini dihadiri antara lain oleh pelawak Anang Batas, pelukis Gus Bowo, Giri Wahyono dari Dewan Teater Indonesia, dan beberapa seniman Yogyakarta lainnya.

Beberapa seniman Yogyakarta menyatakan, jika Cak Imin terpilih menjadi wakil presiden 2019 harus menempatkan budaya sebagai panglima, sebab kata lulusan teater dari Institut Senirupa Indonesia (ISI Jogja), Agus Sunandar, banyak orang memiliki kepala namun tidak punya hati, banyak politikus memiliki wajah namun tidak memiliki kaki.

Mendengar harapan dan pernyataan dari para seniman, Cak Imin menjawab dan   mengenalkan konsep Soedurisme, dimana Soedurisme merupakan kombinasi dari Sukarnoisme dan Gus Durisme. Sudurisme adalah kombinasi solusi ekonomi, politik, kebudayaan, dan tradisi.

Menurut Cak Imin, konsep Sudurisme telah utuh tersusun. Dia juga menawarkan kepada pemerintah dan publik untuk segera menjadi sumbangan solusi.

"Nah ke depan mudah-mudahan kita jadikan Kebudayaan sebagai panglima. Politik itu kering, miskin hiburan, kaku, dan garing. Sering kurang manusiawi. Seni budayalah yang bisa membuatnya lebih manusiawi," ucap Cak Imin.

 Pada kesempatan itu juga, Agus Sunandar membacakan puisi untuk Cak Imin, berikut puisi yang dibaca;  

Banyak yang mengibarkan janji 
Lalu beranjak pergi
Dan kita pun jadi sendiri lagi
Lalu kapan memakmurkan negeri terkasih ini?
Kami butuh Cak Imin sebagai Bapak

Tags : Seniman Yogyakarta , Cak Imin , Wapres

Berita Terkait