Hafizoh 30 Juz Tak Lulus MAN, Kakanwil Kemenag Riau Kecewa

| Sabtu, 05/05/2018 15:02 WIB
Hafizoh 30 Juz Tak Lulus MAN, Kakanwil Kemenag Riau Kecewa Foto metodetescom

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Pengumuman kelulusan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 2 Model Pekanbaru, Kamis 3 Mei 2018 resmi dirilis. Namun pengumuman ini menyisakan pertanyaan sekaligus kesedihan, karena dari ratusan calon siswa yang tak lulus, ada seorang Hafizoh 30 Juz Alquran yang juga ikut tak diluluskan. 

Namanya, Andrea Wiryanti dengan nomor tes 01-102-133-2. Ia adalah siswi/santriwati asal MTs Al-Hidayah Moro, Kabupaten Kepulauan Riau (Kepri). Tak hanya mendaftar, ia bahkan juga sudah melampirkan bukti kalau dirinya memang telah lulus ujian khatam Alquran 30 Juz. 

Namun, asanya untuk melanjutkan pendidikan ke MAN 2 Model Pekanbaru, dan sekaligus ikut mengharumkan nama sekolah itu, sementara ini kandas. Begitu ia dan orang tuanya melihat pengumuman kelulusan PPDB itu, kemarin. Dan, di list nama tersebut tak tercantum namanya. 

"Kami sedih juga, karena anak kami ini sangat berharap bisa sekolah di MAN 2 Model ini. Jauh-jauh kami datang ke sini, tetapi hasilnya tak lulus. Kami awalnya yakin anak kami lulus, karena dia khatam 30 Juz. Namun rupanya tetap juga tak lulus. Mau macam mana lagi kami," kata Ibu Jum, orang tua Andrea kepada wartawan. 

Dengan kejadian ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakawil Kemenag) Riau Drs H Ahmad Supardi MAg kepada wartawan, kemarin, mengaku kecewa. Karena menurut dia, semestinya calon siswa hafiz 30 Juz itu bisa lulus di MAN 2 Model Pekanbaru tanpa tes. Tapi, kenapa ini justru tak lulus. 

"Saya  pribadi juga kecewa. Karena tahfizh 30 juz, sebaiknya lulus tanpa tes. Cuman sekarang kita belum buat aturannya. Tapi insya Allah akan saya upayakan, agar dia bisa diterima di MAN 2 model," kata Ahmad Supardi, saat dikonfirmasi perihal tersebut. 

Sementara itu, Kepala MAN 2 Model Pekanbaru Norelinda MPd, sampai berita ini ditulis belum memberikan jawaban atau konfirmasi atas hal tersebut.

Tags : Alquran , Hafizoh , Pekanbaru

Berita Terkait