Peringati Nuzulul Quran, Nusantara Mengaji Gelar 1000 Khataman di Ambon

| Sabtu, 02/06/2018 22:17 WIB
Peringati Nuzulul Quran, Nusantara Mengaji Gelar 1000 Khataman di Ambon Jamaah Nusantara Ambon Mengaji khusuk khataman Alquran di masjid Raya al Fatah Kota Ambon (dok Nusantara mMengaji)

AMBON, RADARBANGSA.COM - Dalam rangka memperingati nuzulul quran 1439 H, Nusantara Mengaji Provinsi Maluku melaksanakan khataman Alquran. Kegiatan yang diberi nama Nusantara Ambon Mengaji tersebut bertujuan untuk bermunajat pada Allah Swt, memohon keberkahan dan keselamatan bangsa, dipusatkan di masjid raya Al Fatah, Ambon dan dihadiri 5000 peserta dari berbagai majelis Ta`lim/TPA/TPQ/Masjid se Kota Ambon.

Ketua dewan Pembina nusantara mengaji Maluku, Basri Damis mengatakan Nusantara Ambon Mengaji dilaksanakan sebagai upaya menggelorakan kembali tradisi mengaji di majelis taklim, masjid dan mushala yang saat ini mulai redup.

“Mari kita gelorakan tradisi khataman alquran di majelis ta’lim, masjid, musholah seperti dulu” ungkap Basri Damis saat menyampaikan sambutan di lokasi acara, Sabtu 2 juni 2018.

Dengan acara khataman serentak ini, kata Basri, semakin berkurang diperdengarkannya kaset mengaji di pagi hari, dan diganti dengan suara anak-anak yang kembali meramaikan rumah Allah dengan mengaji.

Basri yang juga ketua DPW PKB Maluku ini memaparkan, pelaksanaan Nusantara Ambon Mengaji juga sarana bermunajat memohon pada Allah agar bangsa ini mendapat perlindungan dari berbagai ancaman yang marak terjadi saat ini, seperti terorisme, radikalisme, ujaran kebencian, korupsi, narkoba dan lain sebagainya.

"Ini sekaligus menjadi Doa untuk Keselamatan dan Keberkahan Bangsa. Karena belakangan ini kita sebagai bangsa sedang diuji dengan berbagai aksi teror dan ujaran kebencian. Semoga dengan kegiatan ini kita semua dapat kembali menyerap dan melaksanakan ajaran dan tuntutan Alquran serta menjadi rahmatan lil-alamin,” ungkap Basri.

Sementara itu, Korwil Nusantara mengaji Maluku, Malaka Yaluhun menyatakan Nusantara Ambon Mengaji tersebut sudah menjadi rutinitas khataman Alquran sejak lama di wilayah Maluku.

Sedangkan peserta yang mengikuti khataman Alquran difasilitasi dengan Alquran yang telah dipisah per juz agar memudahkan dalam menggunakan waktu luang untuk menghatamkannya.

“Tiap-tiap majelis khataman alquran nusantara ambon mengaji, kita berikan alquran yang telah dicetak oleh nusantara mengaji per juz agar mempermudah saat melaksanakan khataman alquran” ucapnya

Menurutnya, saat ini Nusantara Mengaji memperkenalkan aplikasi baru Nusantara Mengaji telah menyiapkan Aplikasi baru kita ini dapat dilihat dan diikuti melalui smartphone. Aplikasi tersebut menawarkan bagaimana cara membaca Alquran dan mengajak masyarakat untuk melakukan khataman Alquran satu minggu satu juz.

“Aplikasi Nusantara Mengaji adalah aplikasi Khataman Alquran online pertama di dunia. Pengguna aplikasi ini bisa melakukan khataman Alquran bersama-sama secara online di tempat masing-masing, bapak/ibu dapat mendownloadnya di Hp android dengan nama aplikasi nusantara mengaji,” tambahnya.

Pelaksanakaan khataman Aquran dipimpin langsung oleh Imam Besar Masjid Raya Al Fatah, Ambon, KH. R. R. Hassanussy sebagai tanda dimulainya khataman Alquran. Acara lalu dilanjutkan dengan buka puasa bersama serta sholat magrib berjamaah.

Tags : Nusantara Mengaji , Ambon , Nuzulul Quran

Berita Terkait