KPU Gelar Rapat Pleno DPT dan Deklarasi Forum Pemutakhiran Data Pemilih

| Rabu, 05/09/2018 17:02 WIB
KPU Gelar Rapat Pleno DPT dan Deklarasi Forum Pemutakhiran Data Pemilih Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional. Selain itu, rapat pleno ini juga disertai dengan deklarasi forum pemutakhiran data pemilih.

Acara yang dilaksanakan di lantai dua gedung KPU, Rabu, 5 September 2018 siang dipimpin langsung oleh ketua KPU Arief Budiman dan didampingi oleh enam komisioner KPU. Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan, Ketua DKPP Harjono, Dirjen Dukcapil Zudan Arif.

"Rapat pleno terbuka rekalpitulasi secara nasional merupakan rangkaian kegiatan yang sesungguhnya sudah kita mulai sejak Desember 2017. Rangkaian kegiatan untuk membuat kualitas data pemilih lebih baik, mulai memperbaiki sistem. Kami juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak," kata Ketua KPU Arief Budiman saat membuka rapat pleno.

Selain dihadiri ketua Bawaslu dan ketua DKPP, rapat pleno ini juga dihadiri oleh perwakilan anggota KPU daerah, Panwaslu, serta liasion officer perwakilan partai politik. Arief juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendengarkan tanggapan yang disampaikan oleh perwakilan partai politik dan Bawaslu.

"Nantinya perwakilan partai politik, Bawaslu, dan lainnya bisa menyampaikan tanggapan terkait daftar pemilih," lanjutnya.

Sementara, Komisioner KPU Viryan Aziz menyatakan deklarasi forum koordinasi pemutakhiran daftar pemilih ini untuk menambah kualitas DPT. Tujuannya untuk melakukan koordinasi dalam penyelesaian permasalahan DPT.

"KPU RI berkomitmen menghadirkan daftar pemilih yang berkualitas. Permasalahan daftar pemilih bisa diselesaikan secara terstruktur dan sistematis. Salah satu permasalahannya adalah pindah memilih," kata Viryan seperti dikutip dari detik.com. 

Tags : KPU RI , Rapat Pleno Terbuka , DPT , Pemilu