Jazilul Fawaid: Santri Tidak Boleh Anti Politik

| Sabtu, 15/09/2018 14:17 WIB
Jazilul Fawaid: Santri Tidak Boleh Anti Politik  Jazilul Fawaid (foto: nusantaramengaji.com)

LAMONGAN, RADARBANGSA.COM - Ketua Fraksi PKB MPR RI, Jazilul Fawaid mengajak para santri untuk turut berperan melawan isu hoax yang kian marak jelang Pemilu 2019. Bahkan mengancam kerukunan sesama anak bangsa.

“Menjelang pemilu banyak berita hoaks dan berita-berita yang saling menyudutkan,” kata Jazil saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama 30 MWC NU, Solokuro, Lamongan, Sabtu 15 September 2018.

Koornas Nusantara Mengaji ini mengatakan, kini tantangan santri jauh lebih kompleks dalam era teknologi yang semakin maju. Menurutnya, untuk menyebarkan kejahatan saat ini juga lebih mudah karena kecanggihan teknologi.

Selain bekal pengetahuan teknologi, Jazil meminta para santri untuk melek politik yang ramah dan santun. Politik adalah sarana memperjuangkan aspirasi masyarakat sekaligus menangkal propaganda negatif yang dihembuskan para pemecah belah bangsa.

“Santri tidak boleh anti politik. Santri harus ikut mengabarkan informasi yang baik, memerangi hoaks. Kalau santri anti politik maka nanti yang akan mengisi posisi politik maupun posisi strategis lainnya adalah orang-orang yang suka menyebar hoaks itu,” tegasnya.

Jazil menambahkan politik adalah alat yang bisa digunakan untuk menebar manfaat demi kemashlahatan. “Seperti RUU tentang pesantren dan pendidikan keagamaan, tentu kalau tidak ada santri yang masuk di DPR, siapa yang punya perhatian dan tanggungjawab untuk kemajuan pesantren,” terangnya.

“Begitu juga mengenai UU Desa yang dulu diinisiasi PKB. UU tersebut menjadi payung agar pembangunan desa bisa lebih mandiri,” sambung Jazil.

Tags : Jazilul Fawaid , Sosialisasi 4 Pilar , Santri

Berita Terkait