PKB Peduli Target 1 Miliar Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

| Sabtu, 29/09/2018 16:23 WIB
PKB Peduli Target 1 Miliar Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu Cak Imin bersama ribuan kader dan Caleg PKB Jawa Timur menggelar istighasah untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sesaat sebelum Launching Caleg PKB dimulai (dok PKB Jawa Timur)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui PKB Peduli telah melakukan upaya tanggap darurat untuk membantu meringankan beban korban gempa Donggala, Sulawesi Tengah.

Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berujar, PKB tengah menggalang bantuan untuk selanjutnya segera disalurkan kepada para korban.

“Kita sudah menggalang, dalam waktu dekat akan kita kirimkan ke sana,” kata Cak Imin usai menghadiri Launching Nomor Capres-Cawapres 01 di Surabaya, Sabtu 29 September 2018.

Wakil Ketua MPR RI ini menambahkan, dana bantuan dari penggalangan yang dilakukan tim PKB Peduli tersebut sudah terkumpul, namun dia belum mengetahui jumlahnya.

“Sudah terkumpul, tapi saya belum cek. Tapi target saya 1 miliar terkumpul dan segera kita kirim,” pungkas Cak Imin.

Gempa berkekuatan 7,7 SR yang berpusat di 27 kilometer timur laut Donggala dan terjadi pada Jumat 28 September 2018 pukul 17.02 WIB itu membuat sejumlah bangunan dikabarkan hancur.

Bahkan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat usai gempa tersebut.

Tak hanya sekali, gempa di Donggala dan sekitarnya terjadi beberapa kali. Gempa pertama terjadi pada pukul 14.00 WIB berkekuatan 5,9 SR. Kemudian, gempa kedua terjadi pukul 14.28 WIB sebesar 5,0 SR dan gempa ketiga terjadi pukul 15.25 WIB dengan kekuatan 5,3 SR.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir korban jiwa akibat musibah tersebut tercatat 384 orang. Selain ratusan korban meninggal, tercatat 29 orang hilang dan 540 luka berat.

Data tersebut merupakan pemutakhiran dari data yang sebelumnya dirilis BNPB pada pukul 10.00 WIB, yaitu 48 orang meninggal dunia dan 356 orang luka-luka.

Tags : Cak Imin , Palu , Donggala , Gempa

Berita Terkait